Tips memilih konsultan pajak

5 Tips Memilih Konsultan Pajak Untuk Perusahaan

Dalam membangun sebuah perusahaan bisnis, pajak merupakan sesuatu yang wajib dibayarkan. Mengapa? Karena pajak adalah elemen perekonomian di sebuah negara. Pajak harus dibayarkan tepat waktu dan perhitungan yang tepat. Banyak para pengusaha mengandalkan konsultan pajak dalam hal ini. Namun tidak banyak pengusaha yang tahu tips memilih konsultan pajak yang terpercaya.

Mengapa dalam membangun sebuah perusahaan diperlukannya jasa konsultan pajak yang terpercaya? Karena konsultan pajak ini selain mengurusi perpajakan, ia juga bisa menghindari kesalahan perhitungan dalam pembayaran pajak. Oleh karena itu pilihlah konsultan pajak yang tepat & terpercaya di dalam perusahaan. Berikut 5 tips memilih konsultan pajak untuk perusahaan:

1. Pilih Konsultan Pajak Yang Memiliki Izin Praktik

Izin praktik merupakan tolak ukur dalam tips memilih konsultan pajak terpercaya. Konsultan pajak yang memiliki izin praktik merupakan konsultan pajak yang sudah terdaftar dalam ikatan konsultan pajak Indonesia. Selain itu mereka sudah legal & resmi sehingga bisa kita gunakan jasanya di dalam perusahaan yang kita miliki.

Mengapa izin praktik menjadi tolak ukur dalam memilih? Karena dengan adanya izin praktik, kita akan mengetahui bahwa konsultan pajak yang dihire merupakan konsultan pajak yang sudah memenuhi standarisasi. Hindari untuk memilih konsultan pajak yang tidak memiliki izin praktik. Selain akan merugikan kita, ada kemungkinan kita akan ditipu oleh konsultan pajak.

2. Pilih Konsultan Pajak Yang Memiliki Pengalaman Yang Baik

Dalam memilih konsultan pajak yang terpercaya kita wajib melihat pengalaman atau track record yang dimiliki. Dengan adanya track record akan memberikan kita penilaian terhadap konsultan pajak tersebut. Carilah konsultan pajak yang memiliki track record atau pengalaman yang baik.

Mengapa hal ini menjadi tolak ukur? Karena konsultan pajak yang memiliki track record atau pengalaman yang baik, mereka tidak akan pernah melakukan pelanggaran yang merugikan kita.
Selain itu, track record akan menjadi patokan kita terhadap potensi yang dimiliki konsultan pajak tersebut.

Related :   5 Tips Memilih Jasa Akuntansi Terpercaya Untuk Perusahaan

Apabila track record yang dia miliki banyak dan positif maka dapat disimpulkan bahwa konsultan pajak tersebut handal dalam menangani kasus perpajakan. Oleh karena itu, track record atau pengalaman yang baik merupakan tips memilih konsultan pajak yang terpercaya.

3. Pilih Konsultan Pajak Yang Relevan Dengan Kebutuhan

Sebelum memilih konsultan pajak, kita harus melihat apa yang kita butuhkan dalam perusahaan . Mengapa? Karena jenis konsultan pajak sangatlah banyak dan beragam. Dimulai dari jasa resitusi (pengembalian) pajak, pemutihan, konsultasi dsb. Oleh karena itu sesuaikan konsultan pajak yang dihire dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan adanya hal ini akan membuat hubungan yang relevan antara klien dengan konsultan pajak. Sehingga masalah pajak dalam perusahaan akan terkendali dengan adanya konsultan pajak yang relevan dengan kebutuhan perusahaan.

4. Pilih Konsultan Pajak Yang Memiliki Kredibilitas Tinggi

Pilihlah konsultan pajak yang memiliki kredibilitas tinggi. Dengan adanya kredibilitas didalam dirinya akan membuat masalah pajak perusahaan menjadi terselesaikan. Kredibilitas tinggi bisa kita lihat melalui track record yang baik. Semakin banyak klien yang menghire konsultan pajak ini maka semakin tinggi kredibilitas dalam dirinya.

Kredibilitas adalah tolak ukur dalam memilih konsultan pajak yang terpercaya. Apabila kita menghire konsultan pajak yang tidak memiliki kredibilitas, maka hal itu akan menjadi sia-sia. Konsultan pajak yang tidak kredibel akan membuat masalah perpajakan di perusahaan kita menjadi kacau. Oleh karena itu pilih konsultan pajak yang memiliki kredibilias tinggi.

5. Pilih Konsultan Pajak Yang Memiliki Komitmen

Komitmen adalah hal terpenting dalam menjaga hubungan antara perusahaan klien dengan konsultan pajak. Apabila konsultan pajak memiliki komitmen yang tinggi pada perusahaan kita maka mereka akan melakukan hal yang terbaik untuk perusahaan. Konsultan pajak yang memiliki komitmen yang tinggi akan selalu menjaga rahasia perusahaan klien.

Related :   Penting! Ini 6 Tips Memilih Jasa konsultan Keuangan

Konsultan pajak yang komitmen terhadap perusahaan klien, selain mengurusi perpajakan mereka juga akan mengusulkan saran yang terbaik untuk perusahaan . Saran tersebut bisa berupa perencanaan pajak ditahun depan dsb. Dengan adanya hal ini, kita bisa mengetahui bahwa konsultan pajak yang kita hire mempunyai komitmen terhadap kliennya.

Nah itulah 5 tips memilih konsultan pajak yang terpercaya. Mengapa? Karena dalam perusahaan harus memiliki konsultan pajak yang terpercaya dalam mengurusi perpajakan. Apabila kita salah memilih konsultan pajak akan mengakibatkan hal yang fatal, bisa berupa kerugian dan penipuan. Oleh karena itu gunakan tips ini dalam memilih konsultan pajak di perusahaan.