7 Tips Memilih Konsultan Manajemen Usaha Untuk Perusahaan

Dalam meningkatkan kinerja perusahaan, bisa dilakukan berbagai cara misalnya dengan memakai teknologi baru, memperbaiki cara kerja atau dengan memakai jasa pihak luar seperti konsultan. Namun tidak jarang pelaku usaha mengalami kesulitan memilih konsultan yang tepat untuk mengatur manajemen usahanya. Berikut 7 tips memilih konsultan manajemen usaha agar kinerja perusahaan dapat meningkat:

1. Membuat Perencanaan Anggaran Biaya

Tips memilih konsultan manajemen usaha yang paling utama adalah menyiapkan perencanaan anggaran biaya secara khusus. Sebaiknya pilih lembaga konsultan dengan harga sesuai budget yang telah dianggarkan. Jika perusahaan masih berskala kecil, sebaiknya pilih lembaga konsultan manajemen usaha dengan tarif yang terjangkau.

Namun jika perusahaan telah berjalan lama dan telah berskala besar tidak ada salah nya mencoba konsultan dengan tarif yang lebih mahal. Karena konsultan dengan tarif mahal mungkin akan lebih menjamin dari segi tanggung jawab atau lebih profesional. Intinya sesuaikan anggaran perusahaan ketika memilih lembaga konsultan.

2. Terlebih Dulu Memahami Tugas Konsultan

Setelah melakukan perencanaan anggaran, langkah selanjutnya adalah memilih konsultan yang tepat untuk manajemen usaha. Memahami dengan benar tugas konsultan juga penting dan termasuk tips memilih konsultan manajemen usaha yang perlu diketahui. Dengan memahami pekerjaan konsultan akan menghindarkan dari kemungkinan saling lempar tanggung jawab di kemudian hari.

Tugas konsultan manajemen usaha pada intinya adalah meningkatkan kinerja perusahaan. Ada banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Misalnya dalam hal rekruitmen karyawan, konsultan manajemen akan membantu dalam pemilihan karyawan yang tepat untuk perusahaan.

3. Mencari Referensi Dari Orang Lain

Ada banyak sekali jasa konsultan manajemen usaha yang semua menawarkan keunggulan masing – masing. Oleh karena itu pemilik usaha kadang merasa bingung untuk memilih. Tentu kriteria konsultan yang dicari adalah yang professional, berkompeten, serta pengalaman yang mumpuni. Namun semua lembaga konsultan juga menawarkan kriteria tersebut.

Related :   5 Tips Memilih Jasa Akuntansi Terpercaya Untuk Perusahaan

Cara untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan meminta saran atau bertanya kepada rekan bisnis yang pernah memakai jasa konsultan serupa. Pelajari pengalaman rekan bisnis ketika memakai jasa konsultan tersebut, jika baik tidak ada salahnya untuk mencoba memakai konsultan yang sama.

4. Sesuaikan Bidang Konsultan Dengan Usaha Yang Dijalankan

Pastikan konsultan yang dipilih memiliki kesesuaian dengan bidang yang sedang dijalankan. Karena konsultan manajemen usaha yang ahli, berpengalaman dan professional namun tidak  memiliki ketrampilan di bidang usaha tersebut bisa menimbulkan kegagalan. Jangan sampai misalkan usaha bidang properti namun memilih konsultan yang banyak menangani klien usaha tambang misalnya.

5. Konsultan Mempunyai Legalitas Yang Jelas

Periksa juga legalitas jasa konsultasi manajemen usaha yang akan dipilih. Hal ini bisa dilihat dari profil perusahaan penyedia jasa tersebut seperti visi misi dan lainnya. Suruh penyedia jasa konsultan untuk memperlihatkan dokumen – dokumen pendukung legalitas perusahaan lalu cek keasliannya.

Sebaiknya tidak memilih perusahaan konsultan yang masih freelance karena terlalu berisiko ketidakjelasan tanggung jawab nanti ketika misalnya terdapat suatu masalah.

6. Kesesuaian Harga Dengan Pelayanan Yang Diberikan

Sebaiknya pilih konsultan manajemen usaha yang menawarkan harga yang masuk akal misalnya sesuai dengan pelayanan yang diberikan. Bila ingin mendapat konsultan yang pasti berkompeten memang harus disediakan lebih banyak dana. Namun jika dana yang tersedia terbatas, konsultan bertarif agak rendah bisa menjadi pilihan.

Sebenarnya sudah ada acuan penentuan harga konsultasi yang ditetapkan oleh Asosiasi Konsultan Indonesia. Jadi ketika ada yang menawarkan harga yang lebih murah, bisa jadi tenaga yang disediakan masih belum bagus kualitasnya.

7. Pengalaman Kerja Yang Cukup Dan Fortofolio

Ketika memilih konsultan manajemen bisnis, sebaiknya lihat dari pengalaman kerjanya. Tentu pengalaman kerja ini berhubungan dengan kemampuannya dalam menjadi konsultan manajemen usaha.  Biasanya semakin lama menangani klien , kualitasnya akan makin bagus.

Related :   Prinsip Dan Fungsi Akuntansi Perpajakan Bagi Perusahaan

Hal yang ditakutkan ketika konsultan tidak memiliki banyak pengalaman adalah hanya mengandalkan text book saja yang sudah pasti akan sangat merugikan klien. Cari tahu juga mengenai portofolio konsultan tersebut. Pelajari rekam jejaknya apakah sesuai dengan criteria yang dicari, misalnya apakah pernah menangani klien dengan bidang usaha yang sama dan lain-lain.

Itulah 7 tips memilih konsultan manajemen usaha. Lakukan beberapa tips tersebut untuk memilih jasa konsultan manajemen usaha yang tepat agar kinerja perusahaan makin meningkat.