Penting! Ini 6 Tips Memilih Jasa konsultan Keuangan

Jasa konsultan keuangan dewasa ini sangat dibutuhkan, dengan semakin meningkatnya jumlah perusahaan maka semakin meningkat pula tingkat kebutuhannya. Bagi sebuah perusahaan sangat disarankan menggunakan jasa konsultan keuangan untuk membantu pengambilan keputusan keuangan perusahaan. Oleh karena peranannya yang sangat penting, maka pemilihannya pun harus hati-hati, berikut ini tips memilih jasa konsultan keuangan:

1.  Pahami Dulu Kebutuhan Keuangan

Bagi perusahaan atau pun pribadi yang ingin menggunakan jasa konsultan keuangan akan lebih baik jika memahami dulu kebutuhan keuangannya. Ada banyak sekali spesifikasi seorang konsultan keuangan, sehingga wajib memahami kebutuhan keuangan dan tujuan menggunakan jasa konsultan. Setiap konsultan keuangan memiliki kemampuan atau spesialisasi tertentu yang menjadi latar belakang kemampuan mereka.

Jika sudah memahami kebutuhan atau permasalahan keuangan, maka akan lebih mudah memilih konsultan keuangan. Pemilihan jasa konsultan yang sesuai kebutuhan akan mempermudah pencapaian tujuan perusahaan, karena keputusan keuangan bisa diambil lebih tepat.

2. Perlu Pembahasan Mendalam

Tips memilih jasa konsultan keuangan berikutnya adalah, sebelum memutuskan menggunakan jasa konsultan keuangan sebaiknya dibahas mendalam dulu. Bagaimana pun seorang konsultan bukanlah bagian dari perusahaan, sehingga harus dibicarakan secara mendalam dengan dewan direksi atau keluarga.

Pada dasarnya kebutuhan keuangan atau jalannya manajemen sebuah perusahaan dewan direksi atau keluarga dekat lah yang lebih memahami. Lebih baik membahasnya lebih dahulu dengan seluruh anggota direksi dan keluarga dekat jika ingin menggunakan jasa konsultan keuangan. Dengan begitu maka penggunaan jasa konsultan keuangan akan lebih terbuka bagi semua anggota direksi dan keluarga.

3. Perhatikan Sertifikasinya

Salah satu syarat menjadi konsultan keuangan adalah bersertifikat, yang menunjukkan profesionalitas seorang konsultan. Bahkan harga diri seorang konsultan keuangan dilihat dari sertifikat yang dimilikinya yang dapat membantu klien untuk mencapai tujuan keuangan. Sebagai pengguna tips memilih jasa konsultan keuangan adalah dengan memperhatikan sertifikat konsultannya.

Related :   Prinsip Dan Fungsi Akuntansi Perpajakan Bagi Perusahaan

Sertifikat yang dimiliki seorang konsultan keuangan biasanya adalah Certified Internal Auditors (CIA) dan Certified Management Accountants (CMA). Kedua sertifikat itulah yang seharusnya dimiliki seorang konsultan keuangan untuk menunjukkan kredibilitasnya, tentu disertai dengan kemampuan yang mumpuni.

4. Buka Lowongan Dan Lakukan Wawancara

Tips memilih jasa konsultan keuangan selanjutnya adalah membuka lowongan untuk posisi tersebut untuk menjaring peminat yang memenuhi syarat. Lowongan kebutuhan jasa konsultan akan membuat siapa saja yang memenuhi syarat menjadi konsultan untuk mengajukan diri. Dengan begitu akan semakin leluasa untuk melakukan pemilihan jasa konsultan yang terbaik.

Setelah ada lamaran kerja yang masuk maka bisa memilih konsultan yang memenuhi persyaratan administrasi. Kemudian setelah seleksi administrasi bisa mewawancarai mereka untuk mengetahui hal-hal yang ingin diketahui. Dengan saling tanya jawab maka akan bisa menggambarkan diri seorang konsultan keuangan yang baik atau sesuai kebutuhan.

5. Tanyakan Pengalaman Konsultan

Dalam wawancara penting untuk melihat dan menanyakan mengenai pengalaman kerja sebagai konsultan keuangan sebelumnya. Mengetahui pengalaman kerja sebelumnya akan memudahkan untuk melakukan penilaian terhadap seorang yang menawarkan jasa konsultan keuangan. Pengalaman sangat penting sebagai bukti kredibilitas seorang konsultan selain sertifikat resmi yang dimiliki sebagai konsultan.

Melihat pengalaman kerja sebagai konsultan, kemampuan memecahkan masalah keuangan atau pengambilan keputusan adalah cara melihat kredibilitas konsultan keuangan. Semakin kredibel konsultan keuangan maka akan semakin baik nantinya dalam membantu menentukan keputusan keuangan. Dengan demikian maka perusahaan akan lebih mudah mengalami kemajuan tanpa masalah keuangan.

6. Tanyakan Cara Kerja Dan Cara Pembayarannya

Setiap akuntan yang menawarkan jasa konsultan keuangan tentu memiliki ketentuan tersendiri untuk cara kerja dan cara pembayarannya. Tips memilih jasa konsultan keuangan yang terakhir adalah tanyakan kepada calon konsultan tersebut mengenai cara kerja dan cara pembayarannya.

Related :   Mengenal Lebih Dekat Mengenai Akuntansi Perusahaan Manufaktur

Ada banyak car pembayaran yang bisa dilakukan, seperti flat fee sesuai dengan jam kerja atau presentasi. Pembayaran bisa dilakukan juga dengan cara pembagian presentasi laba melalui aset yang diinvestasikan. Hal ini wajib dibicarakan di awal untuk agar tidak terjadi masalah di kemudian hari setelah konsultan aktif bekerja.

Demikian tips memilih jasa konsultan keuangan yang harus dilakukan siapa saja yang membutuhkan jasa konsultan keuangan. Konsultan keuangan sangat dibutuhkan dalam masa seperti sekarang, baik oleh perusahaan maupun pribadi. Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh saat perusahaan menggunakan jasa konsultan keuangan.