9 Tips Memilih Jasa Audit Yang Tepat Untuk sebuah Perusahaan

Di era yang semakin canggih seperti saat ini kebutuhan jasa akuntan publik semakin meningkat. Dalam sebuah perusahaan audit laporan menjadi sebuah hal yang mempunyai peran yang penting dalam pengembangan usaha. Seiring dengan meningkatnya permintaan jasa audit tentunya semakin berkembang juga perusahaan jasa audit yang ada. Berikut adalah 9 tips memilih jasa audit yang tepat untuk sebuah perusahaan:

1. Lihat Mutu Editor

Yang pertama tips memilih jasa audit adalah dengan memilih mutu editor. Hal ini sangat perlu dilakukan karena pekerjaan jasa audit memang sangat memerlukan ketelitian sehingga latar belakang auditor menjadi salah satu pertimbangannya. Ada berbagai standar yang harus dipenuhi oleh pekerja audit diantaranya adalah standar perencanaan, pekerjaan lapangan dan kualitas laporan.

2. Cek Bagaimana Reputasi Jasa

Tips dalam memilih jasa audit adalah dengan memastikan terlebih dahulu reputasi jasa audit tersebut. Hal ini tentu sangat penting untuk pengembangan usaha perusahaan. Perusahaan jasa audit yang telah lama belum menjamin bahwa perusahaan jasa tersebut memiliki reputasi yang baik. Cara memastikan bahwa perusahaan jasa audit tersebut memiliki reputasi yang baik adalah dari kepuasan pelanggan dan profesionalisme auditor jasa audit tersebut.

3. Jangan Tergiur Biaya Yang Murah

Biaya memang hal yang biasanya tidak terpikirkan oleh sebagian orang. Namun hal ini termasuk hal yang penting dalam memilih jasa audit yang tepat. Banyak orang yang mudah tergoda dengan tawaran harga yang murah namun harga mahal juga tidak menjamin kredibilitas laporan. Oleh sebab itu pilihlah perusahaan jasa audit yang sesuai dengan kepentingan perusahaan.

4. Cari Yang Berpengalaman

Tips memilih jasa audit yang tepat tidak hanya memiliki reputasi saja namun juga perusahaan tersebut telah memiliki banyak pengalaman. Dengan memiliki pengalaman bisa menjadi jaminan bahwa perusahaan jasa audit tersebut dapat menyelesaikan masalah pekerjaan dengan sebaik baiknya. Oleh sebab itu carilah perusahaan jasa audit yang sudah lama berkecimpung dalam pekerjaan tersebut.

Related :   Keuntungan Menggunakan Jasa Audit Laporan Keuangan Yogyakarta Independen

5. Perhatikan Ketepatan Waktu Dalam Pengerjaan

Ketepatan waktu menjadi hal yang penting dalam memilih perusahaan jasa audit disamping karena merupakan disiplin dalam etika profesi. Untuk itu kemudahan dalam berakses baik jarak dan waktu juga harus dipertimbangkan. Hal ini perlu agar dapat memantau perkembangan penyelesaian audit keuangan secara langsung.

6. Perhatikan Independensi Jasa

Dalam memilih perusahaan jasa audit yang tepat juga harus memperhatikan independensi perusahaan. Independensi merupakan salah satu etika yang harus dijaga oleh akuntan publik. Dengan independensi laporan perusahaan jasa audit akan menjadi objektif.

Auditor harus jujur, tidak mudah terpengaruh, dan tidak memihak kepada siapapun. Sehingga perusahaan jasa audit tidak memihak kepada salah satu pihak yang ingin mendapatkan keuntungan atau dalam kata lain bersikap netral.

7. Pilih Yang Dapat Menjaga Rahasia Perusahaan

Dengan menggunakan perusahaan jasa audit tentunya kerahasiaan perusahaan dalam bidang keuangan adalah hal yang sangat penting. Tentunya tidak ingin jika rahasia keuangan perusahaan tersebut kemudian justru malah menjadi bocor. Untuk itu tips dalam memilih perusahaan jasa audit yaitu perusahaan jasa audit yang mampu menjaga rahasia perusahaan. Bisa juga dengan membuat suatu perjanjian tentang kerahasiaan data keuangan perusahaan.

8. Mencari Rekomendasi Dari Perusahaan Yang Sudah Memakai Jasa Tersebut

Jika ada perusahaan yang telah menggunakan perusahaan jasa audit tertentu merekomendasikan pada perusahaan maka tentunya perusahaan jasa tersebut memiliki reputasi yang baik. Karena klien yang sebelumnya mendapatkan kepuasan atas kinerja perusahaan tersebut.

Oleh karena itu jika ingin mendapatkan perusahaan jasa audit yang tepat dapat dengan mensurvey atas kepuasan klien terhadap perusahaan jasa audit tersebut.

9. Mempunyai Legalitas Yang Jelas

Setiap perusahaan jasa audit keuangan harus memiliki izin atau legalitas yang jelas dari menteri keuangan. Hal ini akan memudahkan perusahaan yang menyewa jasa audit keuangan jika nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan perusahaan jasa audit keuangan tersebut dapat mempertanggungjawabkan apa yang dilakukan. Tips memilih jasa audit yang tepat adalah dengan mempunyai legalitas yang jelas.

Related :   Mengenal Akuntansi Keuangan Adalah Salah Satu Bidang Akuntansi

Itulah 9 tips memilih jasa audit yang tepat untuk sebuah perusahaan. Dalam memilih perusahaan jasa audit yang terpenting adalah yang mampu menjaga rahasia, independensi, dan masih banyak lagi. untuk itu dalam memilih perusahaan jasa audit harus lebih hati hati agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel diatas bermanfaat.