5 Tips Memilih Jasa Akuntansi Terpercaya Untuk Perusahaan

Banyaknya karyawan yang tidak terlalu mengerti mengenai cara mengatur, mencatat, serta mengelola keuangan dalam usahanya membuat penyedia jasa akuntan berkembang. Memilih jasa akuntansi haruslah tepat maka dari itu perlu tahu tips memilih jasa akuntansi yang benar-benar terpercaya.

Penggunaan jasa akuntansi memberikan informasi mengenai analisis keadaan ekonomi perusahaan. Selain itu, memilih jasa akuntansi terpercaya dapat membantu perusahaan untuk menetapkan sasaran yang lebih tepat bagi perkembangan usaha. Hasil analisis keuangan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan usaha. Oleh karena itu, berikut adalah tips memilih jasa akuntansi terpercaya untuk perusahaan.

1. Reputasi Kantor Akuntan Publik (KAP)

Sebelum memilih jasa akuntansi alangkah baiknya mencari tahu profil perusahaan penyedia jasa tersebut. Carilah kantor penyedia jasa yang banyak digunakan oleh orang lain serta banyak orang yang puas dengan pelayanannya. Perusahaan yang telah lama berdiri pun belum tentu menjadi jaminan akan memuaskan para kliennya.

Disini, para pengusaha dapat bertanya kepada perusahaan lain untuk merekomendasikan jasa akuntansi terpercaya yang sering digunakan perusahaan tersebut. Apabila perusahaan itu dapat membina hubungan baik dengan jasa akuntansi yang dimaksud maka dapat disimpulkan bahwa jasa akuntansi itu terpercaya.

2. Dapat Menjaga Rahasia Perusahaan

Rahasia perusahaan terutama dalam bidang keuangan adalah hal yang sangat vital atau penting. Hal ini dimasukkan kedalam salah satu tips memilih jasa akuntansi. Pemilihan jasa akuntansi yang asal-asalan dapat menyebabkan rahasia perusahaan bocor. Ditambah lagi jika yang bocor adalah rahasia keuangan perusahaan, maka jalan hukum pasti akan ditempuh untuk menyelesaikannya.

Hanya karena masalah yang kebanyakan orang pikir adalah masalah sepele, namun sebenarnya merupakan masalah besar. Oleh karena itu, pastikan untuk mencari penyedia jasa pembuatan laporan keuangan yang dapat dipercaya. Selain itu, sangat disarankan pula untuk membuat sebuah perjanjian khusus mengenai kerahasiaan data perusahaan.

Related :   Pilihan Tepat Untuk Jasa Akuntansi dan Pajak Perusahaan Anda

3. Pilih Yang Sudah Berpengalaman

Pengalaman merupakan ukuran akan suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang. Semakin seseorang itu melakukan hal tersebut maka akan semakin paham alur jalannya serta cara penyelesaiannya. Pengalaman seringkali dijadikan patokan kepercayaan khususnya bagi perusahaan penyedia jasa. Inilah mengapa pengalaman sangat penting untuk jadikan patokan dalam memilih jasa akuntan.

Pengalaman suatu perusahaan jasa akuntansi dalam menangani kasus para kliennya sangat mempengaruhi tingkat kualitas yang dimiliki oleh seorang akuntan. Keahlian khusus yang dimiliki oleh akuntan merupakan nilai tambah serta referensi bagi para klien untuk menggunakan jasanya. Oleh karena itu, pengalaman akuntan juga menjadi salah satu tips memilih jasa akuntansi.

4. Perhatikan Tepat Waktu Dan Mudah Diakses

Ketepatan waktu dalam mengerjakan suatu hal merupakan bagian terpenting dari disiplin etika profesi. Waktu merupakan hal yang berharga bagi siapapun. Waktu pengumpulan laporan keuangan pun juga perlu didiskusikan jauh-jauh hari dengan jasa penyedia layanan. Hal ini ditujukan agar laporan keuangan selesai sebelum laporan itu dibutuhkan oleh perusahaan.

Terkadang perusahaan jasa akuntan tidak dapat menyelesaikan laporan sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama. Oleh karena itu, kemudahan akses seperti jarak dan waktu sangat diperlukan agar dapat memantau secara langsung penyelesaian audit keuangan. Selain itu juga dapat membangun hubungan baik antara penyedia jasa dan pengguna jasa.

5. Perhatikan Biaya Yang Dikeluarkan

Biaya atau dana yang dikeluarkan juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jasa akuntansi. Besar kecilnya tarif biaya yang ditawarkan tidak menjamin tingkat kredibilitas laporan yang dihasilkan. Auditing untuk proyek berskala besar tidaklah membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan jasa sesuai kebutuhan.

Related :   Jasa Akuntansi dan Pembukuan Yogyakarta Paling Dicari

Tidak berarti harga mahal yang ditawarkan menjamin kualitas laporan yang sangat baik namun harga yang terlalu murah pun perlu dicurigai untuk kualitas pelaporannya. Carilah harga yang umum ditawarkan diperusahaan jasa lainnya atau bertanya kepada teman mengenai harga normal untuk jasa akuntan.

Demikian adalah lima tips memilih jasa akuntansi terpercaya. Banyaknya hal yang perlu diperhatikan menjadikan acuan jika memilih jasa akuntansi pun harus berhati-hati dan tak bisa sembarangan. Menggunakan jasa akuntansi yang asal-asalan selain dapat merugikan perusahaan dalam hal financial juga tidak dapat memberikan informasi valid keuangan perusahaan.