software akuntansi

Software Akuntansi Yang Paling Banyak Digunakan

Dalam menjalankan tugas akuntansi, seorang akuntan pastinya membutuhkan peralatan yang mana dapat membantu tugasnya. Peralatan tersebut bisa berupa perangkat keras seperti alat hitung maupun program komputer. Lalu apa saja software akuntansi yang paling banyak digunakan baik dalam perusahaan maupun dalam bidang usaha. Berikut ini ulasannya.

1. Software akuntansi berbasis DOS

Untuk pilihan yang pertama ini ternyata masih banyak digunakan hingga saat ini. Selain karena banyak software akuntansi baru yang berharga mahal, tidak sedikit perusahaan yang masih merasa cukup dengan software akuntansi berbasis DOS ini. Meskipun masih ada kekurangan seperti tampilannya yang masih sangat sederhana dan sulit untuk adanya upgrade.

2. MYOB Accounting Plus

MYOB (Manage Your Own Business) adalah salah satu software akuntansi yang juga banyak digunakan di Indonesia. Bahkan software buatan Australia ini menjadi materi yang wajib dipelajari bagi siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi termasuk lembaga kursus untuk materi komputer Akuntansi.

Hanya saja software ini masih memiliki kekurangan seperti salah satunya adalah database dari  MYOB adalah database yang dikunci yang mana  pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan serta sulit untuk kustomisasi.

3. Quick Book 5.0 Enterprise Edition

Untuk software akuntansi selanjutnya adalah Quick Book 5.0 Enterprise Edition ini memiliki 5 versi, antara lain: Manufacturing & Whole Sale Edition, Retail Edition, Accountant Edition, Contractor Edition. Hanya saja Quickbook ini masih jarang dikenal di Indonesia, padahal bisa dibilang software ini memiliki fungsi dan fitur yang sangat mumpuni seperti multi user.

Software ini sendiri minim kekurangan. Salah satu kekurangannya seperti untuk keterbatasan bahasa karena tutorial belum dibuat dalam bahasa Indonesia.

4. Accurate 3.3.0

Software yang banyak digunakan sebagai program akuntansi selanjutnya adalah Accurate 3.3.0 yang mana diadaptasi dengan tampilan bahasa Indonesia. Software ini sendiri merupakan versi adaptasi dari Accurate International. Kelebihannya adalah pada tampilan yang sederhana namun elegan dengan berbagai pilihan skin sehingga terkesan modern dan tidak menjenuhkan.

Related :   Tahap Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Perusahaan Jasa Akuntansi ?

Kekurangan dari software ini adalah seperti user hanya bisa login sebagai supervisor dan hanya bisa membuka database di hard disk drive lokal komputer serta tidak memungkinkan untuk migrasi.

5. Zahir Accounting

Selanjutnya ada Zahir Accounting yang disebut-sebut sebagai software akuntansi keuangan terbaik dan juga penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir Accounting Software disebut business management software.Salah satu kelebihan yangbmembuatnya cukup populer adalah kemudahan dalam penggunaannya bahkan untuk mereka yang bukan akuntan.

Hanya saja software ini masih memiliki kekurangan yakni harga licensinya yang mahal, tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya lain pada akuntansi biaya serta hanya memiliki satu mata uang saja.

6. Krishand General Ledger Versi 4.0

Selanjutnya ada juga Krishand GL yang merupakan software dengan kelebihan seperti berbasis Windows, multi user, sederhana, dan mudah digunakan. Oleh karena kemudahannya tersebut, software ini cocok untuk digunakan oleh semua jenis usaha. Meskipun demikian, penggunanya di Indonesia masih terbilang sedikit.

7. Microsoft Office Accounting Express (MOAE)

Selanjutnya, masih ada Microsoft Office Accounting Express atau MOAE. Program ini memiliki kelebihan seperti sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi dan aplikasinya hanya perlu untuk memasukkan data transaksi dari data sumber seperti faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu serta banyak kelebihan lainnya.

Itulah beberapa software akuntan yang populer digunakan di Indonesia. Apabila Anda memiliki kepentingan untuk mengisntal programnya, Anda bisa menghibungi HAD System. Anda bisa mengunjungi situs resminya di hadsystem.com. Ada banyak informasi yang bisa Anda gunakan dan ada banyak layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk perushaan Anda.

Related :   Rekomendasi Jasa Akuntansi dan Back Office Yogyakarta Terbaik

Anda tak perlu khawatir, HAD System merupakan pihak penyedia jasa akuntan publik yang kredibel dan sudah banyak dipercaya utnuk menangani berbagai permasalahan perusahaan terutama dalam bidang keuangan. Pasalnya, HAD System juga mampu memberikan layanan lain seperi branding untuk brand perusahaan Anda.

Semoga artikel ini membantu, pastikan Anda memilih yang terpercaya untuk penanganan masalah keuangan di perusahaan Anda. Sukses selalu!