perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya

Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya Yang Harus Anda Ketahui

Mereka yang baru belajar ilmu akutansi biasanya akan sedikit bingung dengan beberapa istilah akuntansi. Jika anda mengalami kesulitan membedakan antara akuntansi keuangan dengan akuntansi biaya, anda tidak sendiri karena banyak orang mengalami hal yang sama. Agar semuanya jelas silahkan baca ulasan tentang perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama perusahaan besar memiliki aktivitas keuangan yang sangat beragam baik aktivitas keuangan antar departemen maupun dengan pihak luar. Semua aktivitas keuangan harus dicatat dengan benar. Itulah kenapa sebuah perusahaan memerlukan jasa akuntansi. Saat ini ada banyak penyedia jasa akuntansi yang siap melakukan kegiatan akuntansi yang anda butuhkan.

Salah satu penyedia jasa akuntansi yang memiliki reputasi terbaik adalah Hiswara Accounting Development dengan alamat situs di hadsystem.com. HADSystem merupakan perusahaan penyedia jasa akuntansi dan tempat berkumpulnya para akuntan terbaik di indonesia. Itulah kenapa ada banyak perusahaan yang bergerak diberbagai bidang bekerjasama dengan HADSystem.

Akuntansi keuangan dengan akuntansi biaya

Bagi orang awam istilah biaya biasanya dihubungkan dengan keuangan karena pembiayaan selalu identik dengan pengeluaran uang. Hal inilah yang membuat kita sedikit bingung dengan perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya. Meski keduanya saling berhubungan, kedua jenis akuntansi ini ternyata memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya ada baiknya kita pelajari dulu tentang istilah akuntansi keuangan dan akuntansi biaya itu sendiri. Berikut adalah penjelasan dari dua jenis akuntansi tersebut.

Akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan merupakan proses yang dipakai untuk mencatat semua transaksi keuangan yang dirangkum dalam sebuah laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut menjadi hal yang sangat penting karena menunjukan posisi dan kinerja keuangan sebuah perusahaan secara akurat. Laporan akuntansi keuangan biasanya meliputi:

  • Laporan laba rugi
  • Laporan arus kas
  • Neraca keuangan
Related :   Budget Yang Diperlukan Untuk Hire Jasa Akuntansi

Sebuah laporan keuangan biasanya dibuat dalam periode tertentu seperti harian bulanan maupun laporan keuangan tahunan. Laporan keuangan dibuat sebagai bentuk transparansi pengelolaan keuangan perusahaan dan tanggung jawab manajemen kepada pihak terkait. Pihak terkait yang dimaksud adalah para pemegang saham, investor, otoritas pemerintah maupun masyarakat secara luas.

Dalam akuntansi keuangan, laporan keuangan harus dibuat oleh seorang akuntan yang qualified dan berpengalaman. Jika anda memerlukan jasa seorang akuntan yang profesional, ada baiknya segera menghubungi Hiswara Accounting Development di hadsystem.com. Sebagai kantor akuntan publik terpercaya, HADSystem didukung oleh banyak angkutan professional yang credible.

Akuntansi Biaya

Setelah mengenal akuntansi keuangan ada baiknya kita memahami tentang akuntansi biaya karena keduanya adalah dua kategori utama dari akuntansi itu sendiri. Akuntansi biaya adalah kegiatan untuk mengevaluasi  semua biaya yang sudah dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dalam setiap proses dan tahapan produksinya.

Dengan menggunakan akuntansi biaya kita bisa menentukan jumlah biaya untuk suatu proses produksi. Akuntansi jenis ini juga bisa digunakan untuk memprediksi jumlah biaya produksi di masa yang akan datang. Akuntansi biaya menghasilkan dokumen yang bisa digunakan oleh karyawan, manajemen dan pihak internal lainnya untuk mengambil keputusan yang tepat.

Perbedaaan akuntansi biaya dengan akuntansi keuangan

Sebelum berbicara lebih detail tentang perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya, kita harus tahu bahwa kedua jenis akuntansi ini sangat penting bagi sebuah perusahaan. Dengan akuntansi semua proses pencatatan, pelaporan serta analisa bisa dilakukan dengan baik. Perusahaan besar biasanya memerlukan jasa akuntan untuk membuat berbagai jenis laporan yang dibutuhkan.

Meski kedua jenis akuntansi ini memiliki fokus untuk meningkatkan kinerja perusahaan, akuntansi keuangan lebih berkonsentrasi pada peningkatan kinerja di unit divisi tertentu sebuah perusahaan. Perbedaan akuntansi keuangan dan akuntansi biaya ini juga terletak pada pernyataan yang dihasilkan dan tujuan pembuatan serta jenis informasi yang dikumpulkan.

Related :   Jangan Langsung Tertarik Dengan Jasa Audit Akuntan Publik Tarif Rendah

Proses akuntansi harus dilakukan dengan memenuhi standar akuntansi yang telah ditetapkan. Hiswara Accounting Development adalah perusahaan akuntan publik, tempat berkumpulnya banyak akuntan professional. Jika anda memerlukan jasa akuntan terbaik silahkan bekerjasama dengan Hiswara accounting development dan dapatkan informasinya di hadsystem.com.