Pengertian Jasa Audit Jasa Atestasi Dan Jasa Assurance

Pengertian Jasa Audit Jasa Atestasi Dan Jasa Assurance

Contoh jasa audit jasa atestasi dan jasa assurance memberikan gambaran pada Anda tentang bagaimana melakukan pembukuan keuangan perusahaan. Anda yang mengetahui sejarah keuangan perusahaan tentu akan mampu mengambil keputusan yang lebih bijak. Kebijakan ini wajib dilakukan untuk menstabilkan keuangan perusahaan.

Keputusan-keputusan ini meliputi penambahan modal maupun pengurangan modal. Bahkan bisa juga pemangkasan karyawan. Tentunya, hal ini dilakukan setelah melihat kinerja dari perusahaan itu sendiri.

Anda yang tidak mengetahui gambaran pasti mengenai keuangan perusahaan jelas akan kesulitan dalam mengambil keputusan. Rata-rata, keputusan yang akan diambil menjadi keliru. Akibatnya, perusahaan tidak benefit dan bisa terlilit hutang yang cukup besar.

Tidak mau mengalaminya, sudah semestinya Anda butuh jasa audit keuangan. Anda bisa mendapatkan hasil dari contoh jasa audit jasa atestasi dan jasa assurance yang dijabarkan oleh penyedia jasa. Dari analisa yang diberikan, Anda akan mengetahui secara pasti stabilitas perusahaan yang Anda bangun selama beberapa dekade.

Pengertian Dari Jasa Assurance Dan Atestasi

Kedua jasa ini disediakan oleh professional yang dibuat di kantor akuntan publik (KAP). Ini adalah organisasi yang sudah bermerek hukum. Organisasi ini telah diberikan izin berdiri mengikuti perundang-undangan yang berlaku.

Tujuan dari organisasi ini adalah menyediakan jasa professional mengenai praktik akuntan publik. Diantara pekerjaan yang akan dilakukannya adalah membuat pembukuan, konsultasi managemen serta perpajakan.

Organisasi ini juga membawahi jasa assurance dan atestasi. Kedua jasa ini bergerak pada layanan perhitungan keuangan perusahaan. Tentunya dengan memberikan hasil pembukuan keuangan yang jelas, relevan dan bisa dipertanggung jawabkan.

Bicara mengenai jasa assurance, orang mengenalnya sebagai jasa yang professional yang akan memberikan informasi lebih bermutu. Tujuannya jelas untuk memberikan pemegang perusahaan laporan yang akurat agar bisa dijadikan acuan dalam mengambil keputusan yang tepat.

Related :   Perhatikan Kualifikasi Ini Jika Ingin Mendapatkan Jasa Audit Yang Profesional

Sementara jasa atestasi sendiri merupakan bagian dari jasa assurance. Penyedia jasa ini bekerja sesuai metode untuk mengeluarkan informasi tertulis. Dari laporan ini didapati kesimpulan yang jelas mengenai laporan keuangan yang bisa diberikan pada pihak lain. Tentunya, kesimpulan ini bisa dipertanggung jawabkan.

Contoh Dari Jasa Assurance Dan Atestasi

Cukup banyak contoh jasa audit jasa atestasi dan jasa assurance ini. Kedua jasa ini mencakup berbagai hal. Apa saja cakupannya?

  • Cakupan jasa atestasi

Penyedia jasa atestasi ini memberikan gambaran jelas terkait pelaporan keuangan yang reliable. Penyedia jasa ini fokus pada pemberian informasi tertulis. Informasi inilah yang dijadikan referensi oleh pihak lain untuk mengetahui stabilitas perusahaan.

Cakupan dari pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia jasa atestasi adalah pengauditan laporan keuangan historis. Laporan yang dibuat akan diterbitkan dalam bentuk tertulis yang meliputi berbagai aspek keuangan perusahaan. Laporannya ini sudah sesuai prinsip akuntansi Indonesia atau belum.

Selain itu, penyedia jasa ini juga bekerja dalam mereview laporan keuangan perusahaan. Keakuratannya sangat dibutuhkan. Tapi jasa audit dan review itu beda dalam menyajikan laporannya. Karena cakupannya berbeda.

  • Cakupan jasa assurance

Penyedia jasa ini lebih terfokus pada analisa kinerja dari perusahaan. Cakupannya sangat luas sehingga butuh waktu yang tidak sedikit. Namun dari analisanya, stabilitas perusahaan akan ditemukan.

Nah, penyedia jasa ini akan bekerja dalam menilai investasi perusahaan dalam menentukan efektifitas proses tersebut. Kemudian, penyedianya juga akan menilai resiko keamanan, bahkan membuat profil resiko kecurangan.

Tentunya masih banyak lagi yang bisa dilakukannya. Hanya saja, Anda perlu menentukan jasa assurance yang tepat untuk mengetahui segala sesuatunya yang terkait dengan perusahaan Anda.

Kesimpulannya, Anda perlu tahu seberapa besar keefektifan kinerja perusahaan. Caranya adalah dengan membukukan segala sesuatu yang berhubungan dengan laporan keuangan. Dan ini bisa dijabarkan oleh penyedia jasa, misalnya hasil dari contoh jasa audit jasa atestasi dan jasa assurance yang Anda percayai.

Related :   Tarif Jasa Konsultan Pajak Ditentukan oleh Faktor Ini