aplikasi akuntansi

Pembukuan Semakin Mudah dengan Aplikasi Akuntansi

Saat ini, berbagai kebutuhan manusia semakin dimudahkan penggunaannya dengan adanya aplikasi digital. Salah satunya adalah kegiatan keuangan atau akuntansi. Software atau aplikasi akuntansi akan membantu berbagai bisnis yang sedang dijalani.

Aplikasi akuntansi juga dapat diatur sesuai dengan bisnis yang tengah dilakukan. Baik untuk bisnis industri, perdagangan, konstruksi bangunan, industri, maupun berbagai praktik konsultasi. Menggunakan software untuk manajemen keuangan juga bisa memudahkan dalam memilih pertimbangan berdasar pada laporan keuangan yang dihasilkannya.

Apa Itu Aplikasi Akuntansi?

Aplikasi akuntansi merupakan aplikasi yang didesain agar dapat memudahkan penghitungan neraca, laporan keuangan, dan jurnal lain yang dibutuhkan untuk perusahaan. Saat ini, ada banyak aplikasi yang tersedia dengan berbagai spesifikasi serta fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Apa Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi?

Semakin hari, penyedia aplikasi akuntansi semakin mengembangkan teknologi dengan sistem cloud sehingga, memungkinkan pengguna bisa mengakses data dimana dan kapan saja. Selain itu, ada banyak keuntungan lain menggunakan aplikasi akuntansi, diantaranya:

1. Kerangka Kerja Lebih Efisien

Pada kerangka akuntansi manual, catatan transaksi umum maupun penyesuaian diolah dalam bentuk laporan menjelang akhir tahun dengan tujuan untuk kebutuhan audit, penilaian kinerja, dna juga kebutuhan akan administrasi yang lain.

Lain halnya dengan kerangka kerja melalui aplikasi akuntansi, maka semua kebutuhan pembukuan bisa dibuat hanya dengan jentikan jari saja. Sehingga, manajemen pun bisa mudah melakukan evaluasi serta survei dalam sistem keuangan bisnis. Masalah mengenai keuangan pun dapat diatasi cepat.

2. Hemat Tenaga dan Waktu

Pembukuan secara manual memang diakui sangat kompleks. Sehingga, membutuhkan tenaga dan waktu yang cenderung lebih tinggi. Akan tetapi, dengan aplikasi catatan akan lebih terkomputerisasi. Artinya, rekaman transaksi pada back-end office dan juga pada bagian front-end office dapat dilakukan bersama-sama.

Related :   Software Akuntansi Yang Paling Banyak Digunakan

Anda pun dapat mempersiapkan setoran bank, membuat faktur, dan juga mencatat cek tanpa harus melakukan secara konvensional.

3. Risiko Kesalahan Teknis Bisa Diminimalisasi

Dengan memakai sistem akuntansi terkomputerisasi, kesalahan dalam perhitungan nominal angka pada invoice maupun typo bisa diminimalisir. Aplikasi pun dapat memproses faktur yang terintegrasi dengan nilai dari pajak. Sehingga, aplikasi bisa menghitung dengan akurat. Keuntungan ini akan bermanfaat saat Anda sedang mencatat transaksi dengan jumlah yang sangat banyak.

4. Data Transaksi Bisa Diorganisasikan

Menggunakan pencatatan secara manual akan menimbulkan risiko faktur yang hilang. Namun, menggunakan aplikasi, maka semua pencatatan bisa dikumpulkan serta dikonversi dalam satu data digital. Nantinya, data tersimpan dengan rapi dan aman.

Sehingga, jika suatu saat Anda akan meninjau faktur tertentu, maka, Anda hanya perlu mengetik nama pelanggan serta tanggal transaksi, lalu faktur pun bisa ditemukan dengan mudah.

5. Pencatatan Utang serta Piutang Lebih Baik

Di dalam aplikasi  ada salah satu fitur yang bisa membuat Anda mencatat utang dan piutang dengan mudah dan akurat. Sehingga, sistem di dalam aplikasi akuntansi bisa memproyeksikan posisi dari arus kas bisnis pada masa depan.

Semisal, saat perusahaan sudah mencatat tagihan bisnis serta invoice di dalam program, sesuai dengan jatuh tempo, maka akan ada notifikasi apakah Anda masih mempunyai kas yang cukup untuk melunasi tagihan jatuh tempo.

Aplikasi akuntansi akan menjadi alat perencana yang membantu meminimalisasi timbulnya piutang tak tertagih dan juga denda dari keterlambatan pelunasan hutang.

Tiga Jenis Aplikasi Akuntansi

Terdapat tiga jenis aplikasi akuntansi yang bisa digunakan untuk memudahkan pencatatan akuntansi di perusahaan Anda. Mulai dari sistem paket yang sudah tidak dapat diotak-atik lagi karena sudah menjadi setting dari penyedianya, ada juga aplikasi akuntansi customize yakni software yang bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna dan terakhir terdapat aplikasi custom yakni gabungan dari paket dan customize, artinya aplikasi mempunyai modul standar namun bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Related :   Jasa Audit Laporan Keuangan Terpecaya

Namun, jika Anda tidak mau direpotkan dengan penyusunan proses akuntansi yang lama dan ribet, percayakan pada jasa akuntansi profesional. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah HAD System yang akan membantu menyusun pembukuan secara terstruktur.

HAD System memiliki SDM yang mumpuni sehingga bisa melayani kebutuhan pelanggan dengan profesional. Anda pun akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis dengan sistem keuangan yang tersusun rapi. Keputusan strategis bisnis Anda pun bisa lebih mudah diambil.