manajemen keuangan syariah

Manajemen Keuangan Syariah Pengertian dan Prinsipnya

Meski bukan negara Islam, Indonesia dikenal sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Sebagai negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar, maka diperlukan suatu sistem pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip prinsip agama Islam. Dari sinilah timbul gagasan untuk membentuk sistem manajemen keuangan syariah.

Jika dibanding dengan sistem manajemen keuangan konvensional, sistem manajemen keuangan syariah terbilang masih baru. Namun demikian sistem manajemen yang menerapkan prinsip keuangan Islami ini diterima oleh masyarakat Indonesia dengan baik. Hal ini terbukti dengan meningkatnya aset yang dikelola oleh berbagai jenis lembaga keuangan syariah.

Manajemen keuangan model syariah di Indonesia mulai diperkenalkan sejak tahun 2017. OJK memperkenalkan sistem keuangan baru ini secara besar-besaran karena prospek keuangan syariah di Indonesia sangatlah besar. Untuk mengetahui lebih detail tentang model keuangan syariah berikut adalah ulasan tentang manajemen keuangan syariah dan prinsipnya.

Manajemen keuangan berbasis syariah

Secara umum manajemen keuangan syariah bisa diartikan sebagai suatu model pengelolaan keuangan yang berdasarkan syariat ajaran Islam. Saat kita menjalankankan bisnis, segala aktifitas keuangan harus sesuai dengan prinsip ajaran Islam. Sumber dana, pengelolaan, pembelanjaan dan pengalokasian dana harus sesuai dengan syariah Islam.

Keuangan jenis ini dikenalkan dengan maksud agar masyarakat bisa menjalankan aktivitas bisnisnya dengan aman dan nyaman. Dengan menggunakan manajemen berbasis syariah, umat Islam tahu bahwa semua transaksi keuangan yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ajaran agamanya.

Keuangan yang sesuai dengan syariat Islam kini menjadi trend baru dalam dunia keuangan di Indonesia. Meningkatnya animo masyarakat untuk menjalankan ajaran islam dengan baik membuat jasa keuangan syariah banyak diminati. Pemilik jasa keuangan syariah seperti BPR, koperasi simpan pinjam dll memiliki prospek lebih baik jika bekerja sama dengan hadsystem.com.

Related :   Keuntungan Menggunakan Jasa Audit Laporan Keuangan Yogyakarta Independen

HADSystem atau Hiswara Accounting Development adalah perusahaan akuntansi ternama yang siap membantu memajukan bisnis anda. Perusahaan akuntan yang memiliki kantor pusat di Jogja ini memperkerjakan para akuntan yang qualified, profesional dan berpengalaman. Oleh karena itu Hiswara Accounting Development bisa memberikan layanan akuntansi terbaik yang anda inginkan.

Prinsip – prinsip manajemen berbasis syariah

Prinsip keuangan syariah meliputi 3 hal besar yaitu cara memperoleh uang, cara pembelanjaan keuangan dan profesi keuangan. Agar anda bisa memahami prinsip keuangan syariah secara benar dibawah ini urain lengkap dari tiga poin penting di atas:

1. Dari sisi memperoleh uang

Berbeda dengan sistem konvensional, cara mendapatkan uang dalam bisnis berbasis syariah tidak bisa sembarangan. Segala bentuk transaksi keuangan yang bertentangan dengan ajaran islam harus dihindari. Berikut adalah larangan transaksi dalam ajaran islam:

  • Melakukan transaksi dengan objek atau benda yang haram
  • Transaksi riba
  • Gharar atau transaksi yang tidak jelas kepastianya
  • Transaksi maisir atau transaksi yang berbau spekulasi
  • Adanya unsur suap atau riswah
  • Terdapat unsur tadlis atau penipuan
  • Transaksi maksiat dan transaksi yang zalim.

2. Dalam hal profesi

Selain itu kita juga harus menjalankan profesi yang sesuai dengan ajaran agama islam. Profesi seperti pedagang dan penyedia jasa harus menjalankan aktivitasnya sesuai dengan syariah agama Islam. Hal ini penting agar harta/uang yang didapat sesuai dengan poin pertama.

3. Dari Sisi Pembelanjaan

Pembelajaan dalam menajemen keuangan syariah harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak melanggar syariah islam. Keuangan keluarga syariah misalnya tidak boleh membelanjakan hartanya di tempat maksiat. Jadi lembaga keuangan syariah tidak boleh berinvestasi di bisnis yang dilarang oleh agama islam.

Pengusaha yang menjalankan bisnisnya secara syariah juga harus menjalankan bisnisnya sesuai dengan ajaran Islam. Jika anda pemilik usaha berbasis syariah, anda juga bisa bekerja sama dengan Hiswara Acounting Development di hadsystem.com. Perusahaan akuntansi terbaik di Indonesia ini siap membantu mengelola keuangan bisnis anda.

Related :   Jasa Akuntansi Dan Perpajakan, Pengertian dan Prinsip Akuntansi Perpajakan

Manajemen keuangan syariah adalah manajemen keuangan yang sesuai dengan syariah agama Islam. Manajemen keuangan jenis ini sangat cocok bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Dengan manajemen berbasis syariah kita bisa terhindar dari segala macam transaksi keuangan yang dilarang oleh agama Islam.