laporan keuangan perusahaan dagang

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Beragam perusahaan di berbagai bidang usaha saat ini telah berkembang pesat di Indonesia. Salah satu yang sangat berkembang adalah perusahaan dagang yang kini nampaknya memiliki banyak peminat. Dan salah satu hal yang wajib dibuat oleh perusahaan ini adalah laporan keuangan perusahaan dagang ketika memasuki periode tertentu.

Bagi suatu perusahaan, baik perusahaan dagang maupun jasa, sudah wajib hukumnya membuat laporan keuangan. Fungsi laporan ini sangat vital bagi perusahaan, apalagi perusahaan dagang, karena dapat digunakan sebagai landasan informasi yang jelas dan terperinci terkait keuangan yang memengaruhi keberlangsungan usaha dan strategi pemasaran.

Perusahaan dagang sendiri adalah perusahaan yang kegiatan usahanya menjual suatu produk dari supplier kepada distributor, pedagang atau langsung kepada konsumen. Barang yang dijual umumnya merubah dari segi bentuk, rasa atau kualitas dari produk tersebut. Hal ini ditujukan untuk memeroleh keuntungan dari hasil selisih penjualan yang besar.

Laporan keuangan sendiri adalah suatu tahap penyajian dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu perusahaan secara terstruktur. Tujuan dari penyusunan laporan keuangan adalah dalam rangka memberikan informasi tentang posisi dan kinerja keuangan, serta arus kas perusahaan yang bermanfaat untuk pengguna laporan dalam membuat keputusan ekonomi.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Dalam praktiknya, laporan keuangan perusahaan dagang ini terbagi menjadi beberapa jenis. Tentunya dalam pembuatannya pun membutuhkan proses yang tidak sebentar dan dilakukan dengan penuh ketelitian. Sehingga, saat laporan ini selesai dibuat, maka orang lain pun dapat mengetahui berbagai informasi yang tersaji di dalam laporan tersebut dengan jelas.

1. Laporan Laba-Rugi

Contoh dari laporan yang terdapat pada perusahaan dagang adalah laporan laba-rugi. Laporan yang satu ini menggambarkan aktivitas dari operasional perusahaan. Laporan laba-rugi menyajikan berbagai rincian informasi tentang penghasilan perusahaan, beban yang ditangung, serta laba atau rugi yang diterima oleh perusahaan pada periode akuntansi tertentu.

Related :   Jenis Lembaga Keuangan Mikro Yang Harus Anda Tahu

Dengan membuat laporan laba-rugi ini, maka nantinya perusahaan dagang dapat menentukan langkah apa yang akan dilakukan kedepannya. Tentu saja, laporan laba-rugi bisa menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya agar keuntungan yang didapatkan semakin baik, serta meminimalkan beban pengeluaran.

2. Laporan Ekuitas

Salah satu laporan lain yang tak kalah penting adalah laporan ekuitas. Laporan perubahan ekuitas ini nantinya akan melaporkan seluruh perubahan dari masing-masing akun ekuitas milik pemegang saham dan total ekuitas yang dimiliki pemegang saham selama suatu periode. Dengan kata lain, laporan ini lebih ditujukan untuk pihak pemegang saham.

3. Laporan Ketersediaan Stok Barang

Laporan keuangan perusahaan dagang yang berikutnya adalah laporan ketersediaan stok atau inventory. Laporan ini menyajikan informasi tentang semua rincian stok barang milik perusahaan seperti daftar barang beserta kodenya, stok awal barang, harga penjualan, pembelian barang, retur atau pengembalian pembelian, penjualan, retur penjualan, hingga stok akhir barang.

4. Laporan Utang

Berikutnya adalah laporan utang. Laporan utang sendiri adalah laporan yang berisi tentang rincian transaksi penambahan atau pengurangan utang yang dimiliki oleh perusahaan, serta saldo akhir utang dari masing-masing supplier perusahaan tersebut. Jadi, nantinya ketika akhir periode perusahaan dapat mengetahui mana utang yang sudah terbayar dan mana yang belum.

Dalam laporan utang ini, biasanya akan menampilkan banyak hal mulai dari daftar kode supplier, nama supplier, saldo awal utang, pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, PPN, pembayaran utang hingga saldo akhir utang yang dimiliki oleh perusahaan.

Melihat beberapa jenis laporan keuangan perusahaan dagang di atas, tentu cukup rumit pembuatannya. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin membuat laporan ini dengan mudah dan cepat maka bisa memercayakannya pada HAD System yang merupakan perusahaan jasa di bidang ekonomi dan melayani berbagai jenis masalah akuntasi pada perusahaan Anda.

Related :   Perusahaan Bukan Hanya Perlu Tapi Wajib Melakukan Pembukuan

Pelayanan yang ditawarkan di HAD System sendiri sangat lengkap, mulai dari auditing perusahaan, membuat laporan keuangan secara jelas dan rinci, layanan jasa konsultan dan masih banyak lagi.

Tentunya dengan didukung semua staf yang profesional dan berpengalaman, HAD System siap melayani Anda dengan memberikan layanan yang terbaik. Segera hubungi HAD System sekarang juga dan kunjungi hadsystem.com untuk menyimak informasi lengkapnya.