langkah langkah audit

Langkah Langkah Audit yang Wajib Anda Ketahui

Setiap perusahaan pasti selalu melakukan sebuah audit di dalamnya. Audit ini sendiri dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu, setiap sebulan sekali atau setahun sekali. Tentu saja, dalam melakukannya sesuai dengan prosedur langkah langkah audit. Agar proses auditing perusahaan dapat berjalan dengan lancar, berikut langkah-langkahnya yang harus kamu ketahui.

Audit yang biasanya dilakukan sendiri adalah keuangan perusahaan. Audit keuangan bertujuan untuk mengevaluasi kondisi dari perusahaan dalam bentuk laporan. Laporan keuangan yang dihasilkan ini tentunya telah ditulis secara detail dan lengkap. Bahkan, auditor atau orang yang bertugas megaudit ini dituntut untuk teliti dan bersikap independen.

Karena tuntutan ini, tentu terkadang membuat tugas auditor menjadi cukup berat. Terlebih lagi, mereka harus benar-benar melaporkan hasil yang sebenarnya pada pihak internal perusahaan. Tak hanya itu, langkah langkah audit yang dilakukan pun tergolong sulit, sehingga tugas auditor memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Langkah Langkah Audit yang Runtut

Dalam melakukan audit pada perusahaan ini, terbagi dalam audit internal dan eksternal. Untuk audit internal sendiri dilakukan oleh orang yang ada di dalam perusahaan tersebut. Sementara untuk audit eksternal dilakukan oleh orang lain dari luar perusahaan yang telah disewa oleh perusahaan. Berikut ini adalah langkah langkah dalam melakukan audit.

1. Meminta Berkas yang Dibutuhkan

Langkah pertama adalah meminta berkas atau dokumen yang dibutuhkan. Setelah perusahaan mengonfirmasi pada auditor untuk melakukan tindakan audit ini, maka tugas pertama auditor adalah meminta dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait kebutuhan audit. Tugas ini tergolong masih mudah, tapi tetap sangat penting.

Bahkan, biasanya pihak perusahaan juga telah menyerahkan dokumen atau berkas yang dibutuhkan kepada auditor sebelum dilakukan audit ini. Dokumen tersebut dapat mencakup salinan laporan audit tahun sebelumnya, rekening koran, nota keuangan, dan buku besar. Tak hanya itu, daftar nama karyawan pun akan diminta oleh auditor.

Related :   Jasa Tax Planning Yogyakarta Profesional dan Terpecaya

2. Menyiapkan Rencana Audit

Langkah langkah audit yang selanjutnya adalah mempersiapkan rencana audit. Setelah berkas dan dokumen lengkap terkumpul, auditor akan memeriksa informasi yang terkandung dalam dokumen tersebut dan merencanakan bagaimana proses audit akan dilakukan nantinya. Setiap auditor tentu memiliki gaya pengauditan yang berbeda-beda.

Namun tetap saja dalam prosesnya, auditor akan melakukannya dengan mematuhi kode etik sebagai auditor. Auditor juga harus mengidentifikasi kemungkinan masalah yang akan muncul selama proses audit dilaksanakan. Kemudian, Auditor akan menyusun rencana audit sesuai dengan diskusi yang sudah dilakukan dengan tim audit.

Setelah menyusun rencana dan melakukan rapat, auditor kemudian akan mengambil informasi yang dikumpulkan dari rapat tersebut lalu menggunakannya untuk merealisasikan rencana audit yang sudah disusun. Kerja lapangan kemudian akan dilaksanakan dengan terlebih dahulu mengkomunikasikannya kepada perusahaan.

Auditor akan menguji kepatuhan perusahaan terkait pencatatan dan pelaporan keuangan yang telah diserahkan. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan kontrol dan evaluasi terhadap kinerja perusahaan. Dengan begini, auditor dapat melakukan tugas akhirnya dengan mudah dan menghasilkan laporan yang lebih detail dan terbuka.

3. Penyusunan Laporan Audit

Langkah langkah audit yang terakhir adalah penyusunan laporan audit. Dalam hal ini, auditor akan menyiapkan laporan audit yang berisi rincian temuan audit selama proses auditing dilaksanakan. Tentunya, semua itu ditulis secara objektif dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan, sehingga laporan dapat dipertanggung jawabkan.

Laporan audit ini akan merangkum segala kesalahan yang terjadi, temuan yang bersifat material dan tidak material, pembayaran yang dicantumkan tetapi tidak dibayar dan temuan-temuan lain dalam perusahaan tersebut. Auditor kemudian akan menulis komentar terkait temuan-temuan audit ini dan merekomendasikan solusinya kepada perusahaan.

Related :   Keuntungan Menggunakan Jasa Audit Laporan Keuangan Yogyakarta Independen

Melihat hal ini, tentu proses auditing harus dilakukan dengan hati-hati dan teliti. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini membutuhkan jasa auditing, maka bisa menghubungi HAD System. HAD System melayani jasa auditing perusahaan Anda dengan sistematis dan terstruktur rapi.

Bahkan, langkah langkah audit yang dilakukan HAD System ini telah memiliki standar terbaik di Indonesia. Sehingga, hasilnya dijamin memuaskan bagi para konsumennya. Jadi tunggu apalagi? Segera percayakan auditing perusahaan Anda kepada hadsystem.com dan hubungi HAD System sekarang juga.