Jasa Akuntansi Keuangan, Pengertian Dan Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Jasa Akuntansi Keuangan, Pengertian Dan Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Apakah perusahaan anda memerlukan seseorang untuk membuat laporan keuangan? Atau, apakah anda ingin memahami tentang akuntansi keuangan secara menyeluruh? Bila jawaban anda ya, silahkan baca artikel hari ini tentang jasa akuntansi keuangan, pengertian dan jenis laporan keuangan perusahaan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa akuntansi merupakan pekerjaan penting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Cakupan akuntansi sangat luas dan beragam. Setiap pekerjaan akuntansi menghasilkan laporan akuntansi yang diperlukan. Akuntansi keuangan merupakan salah satu jenis akuntansi yang memerlukan perhatian khusus oleh setiap pemilik usaha.

HADSystem atau hadsystem.com adalah sebuah perusahaan jasa akuntansi keuangan yang telah membantu banyak perusahaan lain dalam hal pembuatan laporann keuangan yang dibutuhkan. Laporan keuangan perusahaan mencerminkan kredibilitas perusahaan. Oleh karena itu laporan keuangan perusahaan harus dibuat secara menyeluruh dan profesional.

Pengertian Dan Sifat Akuntansi Keuangan

Pengertian akuntansi keuangan bisa beragam tergantung dari sudut mana anda memandangnya. Namun demikian, secara umum akuntansi keuangan bisa diartikan sebagai kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan laporan keuangan sebuah perusahaan. Laporan keuangan ini dibuat untuk keperluan internal dan external perusahaan seperti investor, supplier kreditor maupun untuk pemerintah.

Seorang akuntan profesional membuat laporan keuangan berdasarkan prinsip kesamaan akuntansi. Prinsip akuntansi yang dianut adalah ekuitas + liabilitas sama dengan aset. Akuntansi keuangan biasanya berhubungan dengan pencatatan dan pendokumentasian transaksi pada sebuah perusahaan atau organisasi. Sedangkan sifat dari akuntansi keuangan adalah sebagai berikut:

1. Relevance (sesuai)

Informasi yang diberikan dalam laporan akuntansi harus relevan dan menunjukan keadaan riil sebuah perusahaan. Selain akurat, laporan akuntansi juga harus bisa menunjukan ketepatan waktu. Hal ini penting mengingat laporan akuntansi keuangan digunakan sebagai pijakan untuk mengambil sebuah keputusan.

Related :   Analisis Laporan Keuangan

2. Reliability (Handal)

Informasi yang diberikan harus bersifat handal dan terpercaya. Laporan keuangan yang handal dan terpercaya akan dengan mudah segera di verifikasi dan konfirmasi. Laporan tersebut harus dibuat secara netral, tidak bias dan jujur serta mencerminkan realitas yang ada.

3. Konsisten dan komparabilitas

Agar informasi keuangan yang tersaji bisa relevance and dan handal. Laporan keuangan harus mempunyai sifat konsisten dan komparabilitas. Konsisten dalam artian bahwa metode transaksi keuangan bisa dipakai pada kesempatan yang berbeda. Kompatibilitas artinya bahwa informasi yang diberikan bisa diukur dan dibandingkan dengan cara yang sama pada perusahaan lain.

Jenis-jenis Laporan Keuangan

Sebagai perusahaan penyedia jasa akuntansi keuangan yang profesional HADSystem atau hadsystem.com siap memberikan aneka jenis layanan akuntansi. Service yang diberikan oleh perusahaan ini meliputi jasa akuntansi, konsultasi pajak, tax planning, sosial media riset pemasaran dan lain-lain.

HADSystem juga siap untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Perusahaan jasa akuntan keuangan yang satu ini mempekerjakan para akuntan handal yang berpengalaman. Dalam melaksanakan tugasnya mereka didukung dengan berbagai jenis software akuntansi modern terkini. HADSystem sanggup membuat aneka Jenis laporan akuntansi perusahaan seperti:

1. Laporan Laba Rugi

Seperti namanya laporang yang satu ini adalah salah satu jenis laporan keuangan yang memberikan informasi tentang laba dan rugi sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

2. Laporan arus kas

Dalam laporan ini seorang akuntan harus menyajikan informasi tentang pembayaran dan penerimaan kas sebuah perusahaan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan.

3. Laporan ekuitas

Modal atau ekuitas sebuah perusahaan bisa dilihat dari laporan ekuitas yang dibuat oleh seorang akuntan. Laporan ekuitas bisa dibuat dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan yang diinginkan oleh pemakainya.

Related :   Pembukuan Semakin Mudah dengan Aplikasi Akuntansi

4. Catatan laporan keuangan

Sebuah catatan laporan keuangan bersifat fisik maupun non fisik. Catatan laporan keuangan bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kebijaksanaan akuntansi yang diterapkan dalam sebuah perusahaan.

5. Laporan neraca

Dalam laporan neraca pemakai laporan bisa melihat ekuitas, aset dan kewajiban sebuah perusahaan dengan jelas.

Seorang akuntan harus bisa melakukan berbagai jenis kegiatan akuntansi. Setiap jenis kegiatan akuntansi menghasilkan sebuah laporan keuangan yang bermanfaat bagi perkembangan bisnis. Bagi pengusaha yang sedang mencari perusahaan penyedia jasa akuntansi keuangan, bisa berhubungan langsung dengan HADSystem di hadsystem.com.