Jasa Akuntan Privat, Ada 5 Jenis, Ketahui Perbedaanya

Jasa Akuntan Privat, Ada 5 Jenis, Ketahui Perbedaanya

Ternyata profesi seorang akuntan tidak hanya terbagi menjadi satu jenis saja, melainkan terbagi menjadi empat jenis akuntan. Tiap profesi akuntan ini memiliki perbedaan. Misalnya saja jasa akuntan privat akan berbeda dengan akuntan publik, akuntan pendidik, dan akuntan pemerintah.

Bagi orang-orang yang tidak mengetahui bidang akuntansi mungkin berpendapat jika seorang akuntan adalah orang-orang yang bekerja terkait keuangan saja. Namun pada kenyataannya ada perbedaan diantaranya, bahkan dalam akuntan privat sekalipun telah terbagi menjadi beberapa jenis penugasan atau jasa. Berikut adalah informasinya:

Tugas-Tugas Akuntan Privat

Seseorang yang memilih profesi sebagai akuntan privat berarti ia telah memutuskan untuk bekerja pada perusahaan tertentu. Dengan demikian, ia adalah karyawan dari perusahaan tersebut. Tiap akuntan privat ternyata memiliki tugas yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa tugas maupun jasa-jasa yang dikerjakan oleh seorang akuntan privat:

1. Menyusun Sistem Pengawasan Manajemen (SPM)

Sistem ini dirancang oleh seorang akuntan privat untuk memberi motivasi kepada para manajer pelaksana dengan tujuan agar ia dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh manajemen teras. Dengan demikian, tugas ini secara khusus membantu manajemen pelaksana untuk menjalankan tugasnya agar memperolah hasil yang terbaik.

2. Akuntansi Keuangan

Tugas atau jasa akuntan privat yang satu ini mungkin terdengar tidak familiar bagi orang-orang yang belum mengetahui dunia akuntasi. Akuntansi privat yang memegang kendali untuk tugas ini akan melakukan serangkaian proses akuntansi yang bersangkutan dengan siklus akuntasi transaksi keuangan, mulai dari pencatatan hingga penyusunan laporan keuangan.

Tidak hanya itu saja, akuntan privat yang menjalankan tugas ini juga harus mengkomunikasikan pencatatan hingga pembuatan laporan keuangan. Mereka juga harus bisa memilih data yang memang penting untuk dicatat, menentukan pola pencatatan data, penyusunan laporan dengan bentuk yang relevan, dan berakhir pada penafsiran laporan.

Related :   Jasa Akuntansi Publik Yogyakarta Terpercaya dan Profesional

3. Akuntansi Biaya

Akuntan privat yang memilih atau ditugaskan, bertugas untuk memproses keuangan terkait biaya, mulai dari melakukan pemantauan, pemilihan, dan memproses data biaya yang telah dipilih. Tugas ini umum dilakukan pada pabrik atau perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

Informasi keuangan terkait biaya sangat penting bagi perusahaan manufaktur. Pasalnya biaya ini merupakan pengumpulan harga pokok yang berimbas pada perencanaan, dan pengendalian biaya yang digunakan untuk mengambil suatu keputusan, misal target produksi siklus berikutnya, penentuan harga jual, dan lain sebagainya.

4. Audit Internal

Perusahaan yang telah memasuki tahap lebih besar dengan aset triliunan, maka pada umumnya memiliki akuntan privat yang bertugas untuk melakukan audit internal. Tugas akuntan privat ini adalah untuk melakukan evaluasi dan investigasi secara khusus dan dilakukan secara sistematik terhadap sistem akuntansi suatu perusahaan.

Hasil dari audit yang dilakukan terhadap sistem akuntansi perusahaan ini akan digunakan sebagai bahan evaluasi dan investigasi yang ditunjukan untuk perbaikan hingga perombakan terhadap sistem akuntansi yang diterapkan. Syarat keberhasilan jasa akuntan privat ini adalah kebebasan dalam melakukan pemeriksaan secara menyuluruh.

5. Penganggaran

Jasa akuntan privat penganggaran melakukan penetapan rencana aktivitas pada suatu perusahaan secara menyuluruh. Rencana aktivitas ini akan digunakan oleh perusahaan untuk dilaksanakan pada tahun mendatang. Umumnya, satuan dari penganggaran adalah dalam satuan moneter tertentu.

Sekarang Anda telah mengetahui masing-masing tugas yang bisa dilakukan oleh akuntan privat. Dengan demikian, Anda sudah bisa membedakan diantara kelima jasa akuntan privat tersebut. Berdasarkan informasi di atas, maka Bagi Anda yang masih berkuliah di jurusan akuntansi, maka Anda bisa menentukan pekerjaan spesifik terkait akuntan privat.

Di sisi lain, jika Anda seorang pemilik maupun calon pemilik perusahaan, maka Anda sudah bisa menentukan siapa saja yang cocok untuk mengisi kelima bagian akuntan privat tersebut. Sangat disarankan agar Anda memperoleh pekerja yang ahli di bidangnya dan anda dapat mengkonsultasikannya terlebih dahulu di hadystem.com.

Related :   Pengertian Dan Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Sebuah Perusahaan

Dengan melakukan konsultasi di perusahaan akuntansi terbaik seperti HADSystem, Anda akan mendapatkan saran untuk menemukan pekerja akuntan privat yang terbaik. Ataupun Anda juga bisa menyewa akuntan publik di sana untuk membantu keuangan perusahaan. Informasi lebih lanjut dapat Anda peroleh di website resminya hadsystem.com.