lembaga keuangan bukan bank

Fungsi dan Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia

Banyak yang belum memahami berbagai lembaga keuangan bukan bank. Apa saja fungsinya, serta jenis-jenisnya. Nah, kali ini, Anda bisa menyimak informasi lengkap mengenai LKBB ini. Langsung saja, berikut ulasan lengkapnya!

Lembaga keuangan bukan bak merupakan lembaga atau badan yang melakukan berbagai aktivitas keuangan langsung atau tidak langsung dengan menghimpun dana dari masyarakat serta menerbitkan surat berharga dan juga menyalurkannya untuk membiayai investasi pada beragam perusahaan.

LKBB ini mempunyai peran yang sangat penting pada pertumbuhan ekonomi negara Indonesia. Hal ini dikarenakan LKBB mendorong terjadinya konsumsi domestik serta laju perekonomian akan semakin cepat berjalan.

Fungsi Utama LKBB

Lembaga keuangan bukan bank ini mempunyai beberapa fungsi utama, diantaranya:

1. Memberikan Bantuan Modal

Meski di lembaga perbankan ada program bantuan modal. Namun, LKBB juga mempunyai fungsi yang serupa. Bantuan modal biasanya dilakukan LKBB dalam bentuk kredit jangka panjang dan pendek.

LKBB juga lebih memudahkan masyarakat yang akan membuka usaha tetapi tidak mempunyai modal. Pada LKBB, bunga yang diberikan sangat ringan. Sehingga, LKBB menjadi solusi yang tepat supaya pengusaha tidak bergantung pada rentenir dengan bunga yang sangat tinggi.

2. Menjadi Perantara

Lembaga Keuangan Bukan Bank juga memiliki peran sebagai perantara untuk perusahaan di Indonesia dan menjadi badan hukum pemerintah untuk mengadakan kredit yang berasal dari dalam dan luar negeri.

3. Mendorong Perkembangan Ekonomi pada Pasar Uang dan Pasar Modal

LKBB memiliki fungsi menjadi penggerak, perantara, serta penanggung pengeluaran serta penukaran saham, obligasi, surat utang, dan surat berharga yang lain.

4. Mengumpulkan Dana

Mempunyai fungsi menjadi pengumpul dana yang berasal dari masyarakat, LKBB mengeluarkan dokumen berharga lalu menyalurkannya lagi dengan tujuan membiayai investasi pada perseorangan atau perusahaan yang sedang butuh dana.

Related :   Ini Elemen Yang Ada Pada Akuntansi Sektor Publik

5. Membuka Kegiatan Lain

LKBB juga menjadi pelaksana untuk berbagai usaha yang lain pada bidang keuangan. Akan tetapi, sebelumnya mesti memeroleh persetujuan yang berasal dari Menkeu RI.

6. Perantara Tenaga Ahli

LKBB berfungsi juga menjadi perantara bagi perusahaan yang ada di Indonesia untuk memeroleh tenaga ahli pada bidang finansial.

Beberapa Jenis LKBB

Sampai saat ini, di Indonesia ada banyak sekali perusahaan yang bergerak pada bidang keuangan. Beberapa yang paling populer adalah:

1. Pegadaian

Pegadaian merupakan salah sati dari BUMN atau Badan Usaha Milik Negara. Yang mana, fungsi utamanya untuk menyalurkan kredit pada masyarakat. Pegadaian pun tidak hanya menjadi tempat untuk menggadaikan barang. Namun, ada juga beberapa produk lain yang bisa dipilih, diantaranya: gadai emas, gadai syariah, gadai konvensional, jasa penitipan barang berharga, dan jasa taksiran dan sertifikasi logam mulia.

2. Koperasi Simpan Pinjam

Selanjutnya, ada koperasi simpan pinjam yang menjadi lembaga finansial yang berfungsi untuk menghimpun dana dari anggota. Lalu menyalurkan lagi pada anggota atau non-anggota yang tengah membutuhkan dana. Pemasukannya berasal dari pinjaman lembaga keuangan yang lain.

Ada beberapa jenis koperasi simpan pinjam, diantaranya Koperasi Pasar, Koperasi Serba Usaha (KSU), serta Koperasi Unit Desa (KUD).

3. Perusahaan Asuransi

Lembaga Keuangan Bukan Bank yang selanjutnya adalah asuransi. Merupakan lembaga keuangan yang berfungsi untuk menghimpun dana dengan menarik premi tiap bulan dalam masa kontrak sesuai perjanjian yang sudah disepakati. Tujuan asuransi yakni untuk mengendalikan keuangan seseorang agar tetap terjadi. Sehingga, saat terjadi risiko dan butuh banyak biaya, maka keuangan tetap stabil.

beberapa jenis asuransi diantaranya, asuransi jiwa, pendidikan, kesehatan, kendaraan, bisnis, dan kepemilikan rumah dan properti.

Related :   Jasa Akuntansi dan Pembukuan Yogyakarta

4. Perusahaan Dana Pensiun

Tidak hanya menyediakan peminjaman saja, lembaga keuangan bukan bank juga menyediakan jaminan hari tua, yakni Perusahaan Dana Pensiun. Cara kerjanya adalah dengan menghimpun dana yang dipotong gaji karyawan tiap bulan. Lalu, dana ini akan diserahkan pada masyarakat saat sudah tidak bekerja atau pensiun.

Sehingga, Anda bisa membiayai masa tua dengan lebih nyaman. Beberapa perusahaan dana pensiun yang ada di Indonesia meliputi: Asabri, Taspen, BPJS Ketenagakerjaan, dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda ingin menggunakan manfaat dari salah satu lembaga keuangan bukan bank di atas, sila untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada konsultan keuangan dan jasa akuntansi HAD System (Hiswara Accounting Development). HAD akan membantu Anda mengelola keuangan, membukukan bisnis, dan melakukan operasional secara terstruktur. Tunggu apa lagi, segera hubungi nomor yang tertera pada website HAD System untuk dapatkan manfaatnya.