contoh laporan keuangan

Contoh Laporan Keuangan

Dalam dunia ekonomi khususnya akutansi dan keuangan pasti mengenal yang namanya laporan keuangan. Laporan yang satu ini sangat penting apalagi untuk perusahaan atau organisasi. Bahkan saat ini, contoh laporan keuangan ada banyak jenisnya dan dapat Anda cari di internet ketika ingin membuat laporan keuangan untuk perusahaan Anda.

Bagi Anda yang belum tahu, laporan keuangan sendiri adalah hasil akhir dari proses pencatatan transaksi keuangan suatu perusahaan dan menunjukkan kondisi keuangan dari perusahaan tersebut. Pencatatan ini ditujukan pada satu periode tertentu dan merupakan gambaran umum mengenai kinerja suatu perusahaan pada saat itu juga.

Pada umumnya, tujuan dari pembuatan contoh laporan keuangan ini untuk menunjukan informasi apa yang akan dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Dengan adanya laporan ini, maka akan membantu investor ketika hendak menjalin kerja sama dengan perusahaan tersebut.

Tak hanya itu, laporan keuangan ini juga dapat membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan mengenai kelangsungan perusahaan. Informasi tentang kondisi keuangan perusahaan juga dapat membantu suatu perusahaan sebagai bahan evaluasi dan perbandingan mengenai dampak keuangan yang terjadi akibat dari keputusan ekonomi yang diambil.

Contoh dari Laporan Keuangan

Tentu saja laporan keuangan dibuat secara detail dan terperinci agar nantinya informasi yang disajikan dapat mudah dimengerti dan dapat dijadikan bahan evaluasi. Dalam prakteknya, ada beberapa contoh laporan keuangan yang wajib Anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini, maka ketika akan membuat laporan keuangan dijamin tak mengalami kesulitan.

1. Laporan Laba-Rugi

Contoh pertama adalah laporan keuangan laba rugi perusahaan. Laporan laba rugi atau yang biasa disebut dengan income statement atau profit and loss statement ini, merupakan laporan keuangan yang berfungsi untuk menilai kinerja keuangan dari perusahaan. Yang dinilai adalah apakah perusahaan mengalami keuntungan atau kerugian pada satu periode waktu tertentu.

Related :   Sukses Membangun Usaha Kuliner Dengan Jasa Konsultan Usaha Kuliner

Selain untuk mengetahui informasi tentang keuntungan atau kerugian, laporan laba rugi juga dibuat untuk memberikan informasi tentang pajak perusahaan. Tentu saja, hal ini nantinya akan dipakai oleh perusahaan sebagai bahan evaluasi manajemen dan membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk kelangsungan perusahaan kedepannya.

2. Laporan Perubahan Modal

Contoh selanjutnya adalah laporan perubahan modal. Laporan perubahan modal adalah laporan yang menggambarkan mengenai perubahan berupa peningkatan atau penurunan aktivas bersih selama satu periode tertentu. Pada saat awal pendirian perusahaan, Anda sebagai pemilik perusahaan pasti sudah menyetorkan modal awal untuk operasional perusahaan.

Dalam laporan perubahan modal, Anda dapat melihat penyebab dari adanya perubahan modal pada perusahaan. Data yang diperlukan untuk membuat laporan ini adalah modal awal, pengambilan dana pada periode tersebut, dan total laba atau rugi bersih yang diperoleh. Maka dari itu, untuk membuat laporan perubahan modal diperlukan laporan laba rugi.

3. Laporan Neraca Keuangan

Contoh Laporan Keuangan yang selanjutnya adalah neraca. Sesuai dengan namanya, neraca atau balance sheet merupakan laporan keuangan yang menunjukan posisi dan informasi keuangan dari sebuah perusahaan. Dalam neraca, Anda akan melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan rinci.

4. Laporan arus kas

Contoh terakhir adalah laporan arus kas atau cash flow statement. Laporan arus kas sendiri nantinya akan memberikan informasi tentang aliran kas perusahaan yang masuk dan keluar. Selain itu, laporan ini juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode yang akan datang. Laporan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban arus kas perusahaan.

Bagi Anda pemilik perusahaan yang saat ini sedang ingin melakukan pembuatan contoh laporan keuangan untuk perusahaannya, maka sangat tepat jika menyewa jasa dari HAD System. HAD System merupakan lembaga resmi dan independen yang bergerak di bidang ekonomi khususnya keuangan dan dapat membantu Anda membuat laporan keuangan secara rinci.

Related :   Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan dan Jenisnya Yang Harus Anda Tahu

HAD System sendiri melayani berbagai macam jasa seperti pembuatan neraca tahunan, laporan tutup buku bahkan sampai auditing. Anda tak perlu khawatir karena semua yang dijalankan oleh HAD System telah terperinci dan dijamin rapi. Anda dapat mengunjungi website hadsystem.com untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan HAD System. Langsung saja hubungi HAD System sebagai solusi terbaik masalah keuangan perusahaan Anda.