Contoh Jasa Audit, Pengertian dan Jenis – Jenis Audit Keuangan

Contoh Jasa Audit, Pengertian dan Jenis – Jenis Audit Keuangan

Apakah perusahaan anda sedang membutuhkan jasa audit keuangan? Atau, apakah anda ingin tahu tentang segala aspek yang berhubungan dengan audit keuangan? Agar anda memahami seluk beluk audit keuangan, silahkan baca artikel kita hari ini tentang contoh jasa audit serta pengertian dan jenis-jenis audit keuangan.

Tidak bisa disangkal bahwa laporang keuangan perusahaan memiliki arti yang sangat penting bagi kemajuan sebuah perusahaan. Laporan keuangan digunakan sebagai pijakan dasar untuk mengambil langkah-langkah bisnis demi kemajuan sebuah perusahaan. Itulah kenapa laporan keuangan harus kerjakan oleh para akuntan profesional yang qualified dalam bidangnya.

HADSystem adalah perusahaan penyedia jasa akutansi yang telah lama memberikan layanan akuntansi kepada individu maupun perusahaan. Perusahaan akuntansi yang satu ini merupakan perusahaan resmi yang terdaftar. Selain memberikan layanan akuntansi, HADSystem juga memberikan layanan jasa audit laporan keuangan perusahaan.

Pengertian Jasa Audit

Sebelum kita membahas tentang contoh jasa audit dan jenis-jenis audit keuangan, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang pengertian audit itu sendiri. Secara umum audit keuangan bisa dikatakan sebagai pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan secara sistematis dan kritis oleh sebuah badan yang independen dan dan terpercaya.

Dalam proses audit, auditor independen memeriksa laporan keuangan yang disusun oleh pihak manajemen. Selain laporan keuangan, auditor independen juga memeriksa berbagai macam bukti pendukung termasuk didalamnya adalah catatan-catatan pembukuan perusahaan. Tujuan dari audit adalah untuk membuktikan kewajaran dari sebuah laporan keuangan perusahaan.

Salah satu perusahaan akuntansi yang melayani jasa audit adalah HADSystem. HADSystem yang beralamat di hadsystem.com merupakan perusahan akutansi yang mempekerjakan para akuntan terbaik yang memiliki dedikasi pada profesinya. Dengan dukungan sumberdaya terbaik HADSystem sanggup melakukan audit laporan keuangan secara profesional dan menyeluruh.

Related :   Jasa Pembukuan Terpercaya Di Yogyakarta

Jenis-Jenis Audit Keuangan

Seperti kita ketahui bersama bahwa ada banyak jenis laporan keuangan perusahaan. Contoh jasa audit bisa dilihat dari hasil audit dari setiap jenis laporan keuangan yang telah dibuat. Berikut adalah jenis-jenis laporan keuangan perusahaan:

1. Audit Keuangan

Salah satu contoh jasa audit yang banyak dibutuhkan adalah jasa audit keuangan adalah audit atas segala macam transaksi keuangan sebuah perusahaan. Audit keuangan biasanya dilakukan oleh external auditor yang diminta oleh seorang klien.

2. Audit operasional

Audit operasional berfungsi untuk menelaah bagaimana sebuah perusahaan atau organisasi menjalankan system operasionalnya. Dengan audit operasional kita bisa tahu efektivitas operasional sebuah perusahaan. Biasanya setelah proses auditing selesai, auditor akan memberikan pendapat dan saran kepada pihak manajemen yang meminta audit.

3. Audit Ketaatan

Ada pihak yang lebih tinggi untuk menetapkan aturan tertentu pada sebuah perusahaan atau organisasi. Untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut memenuhi aturan yang telah ditetapkan maka diperlukan audit ketaatan. Audit ini bertujuan untuk mengetahui apakah akuntan yang bekerja di perusahaan tersebut sudah mentaati peraturan perusahaan atau belum.

4. Audit kinerja

Jenis audit berikutnya adalah audit kinerja. Pada sebuah instansi pemerintah biasanya menerapkan 3E yang meliputi efektivitas, ekonomi dan efisien. Dalam audit kinerja porsi lebih besar diberikan pada biaya dan manfaat yang di dapat. Dalam hal ini sebuah kegiatan bukan saja harus berbiaya murah tetapi juga memiliki manfaat yang besar.

Sebuah kegiatan auditing dilakukan atas permintaan seorang klien. Auditing dilakukan pada jangka waktu tertentu yang telah disepakati. Bila dilihat dari luas tidaknya cakupan auditing bisa di bagi menjadi 2 yaitu:

  • Audit Umum, audit yang sering disebut dengan general audit ini biasanya dilaksanakan oleh auditor independen dari luar perusahaan. Tujuan dari audit umum adalah untuk mendapatkan gambaran kewajaran secara menyeluruh dari semua laporan keuangan. Dalam audit umum semua kegiatan dilakukan berdasarkan standar profesional akuntan public.
  • Audit Khusus , audit yang terbatas pada ruang lingkup tertentu dan cakupannya hanya pada bidang yang sesuai diminta oleh pihak klien. Contoh jasa audit khusus misalnya jasa audit keuangan pada divisi tertentu pada sebuah perusahaan.
Related :   Keuntungan Menggunakan Jasa Audit Laporan Keuangan Yogyakarta Independen

Itulah ulasan contoh jasa audit, pengertian dan jenis-jenis audit keuangan.  Semoga bermanfaat dan silahkan bagikan kepada teman, saudara dan kerabat anda di sosial media yang ada.