cara menjadi akuntan publik

Cara Menjadi Akuntan Publik yang Profesional dan Bersertifikasi

Menjadi akuntan publik mungkin menjadi salah satu profesi yang banyak dicari saat ini. Pasalnya, keberadaan akuntan publik saat ini sangat dibutuhkan baik oleh perusahaan maupun oleh organisasi untuk masalah keuangannya. Apabila kamu berminat, berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara menjadi akuntan publik yang mungkin dapat menginspirasi karir masa depanmu.

Sebelum membaca mengetahui caranya, ada baiknya bila kita mengetahui tentang apa itu Akuntan Publik. Akuntan publik itu sendiri merupakan akuntan independen yang memberikan jasa akuntansi tertentu dan menerima pembayaran atas jasa yang telah diberikannya. Seperti salah satu contohnya adalah HAD System atau Hiswara Accounting Development System di Yogyakarta.

Profesi ini bukanlah pekerjaan mempunyai tugas yang cukup kompleks, bukan hanya melakukan perhitungan-perhitungan angka, tetapi juga sebagai penghubung aktivitas bisnis antara perusahaan yang menjadi kliennya dan perusahaan lain dalam proses keberlanjutan bisnis. Inilah yang seringkali tidak dipahami oleh kebanyakan orang yangbbelum mengenal profesi ini.

Tak hanya itu saja, laporan yang dibuat oleh seorang akuntan publik juga sangat penting dalam menganalisa dan membuat keputusan bisnis suatu perusahaan kedepannya. Oleh sebab itu untuk mengemban tugas ini diperlukan seseorang yang profesional dalam bekerja. Dari situlah HAD System berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik pada kliennya.

Bagaimana cara menjadi akuntan publik itu sendiri diatur dalam UU Akuntan Publik No. 5 Tahun 2011 yang mana dalam isinya menjelaskan bahwa Akuntan Publik adalah seseorang yang telah memperoleh izin untuk memberikan jasa sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tersebut. Berikut langkah yang harus dijalani sebelum memilih profesi sebagai akuntan publik.

1. Mendapatkan Gelar di Studi Akuntansi

Langkah pertama yang harus ditempuh adalah dengan mendapatkan gelar di bidang Akuntansi. Sebelumnya, lulusan harus mengikuti ujian sertifikasi setelah mengikuti pendidikan profesi tersebut. Namun kini, dengan gelar di studi akuntansi baik itu S1 ataupun D4 menjadi syarat dasar untuk melanjutkan cita-cita menjadi seorang akuntan publik yang profesional.

Related :   Kantor Jasa Akuntasi Terpecaya Yang Harus Anda Ketahui

2. Memilih Spesialisasi yang Tepat

Tak hanya profesi seperti dokter yang memiliki spesialiasi. Profesi Akuntan Publik juga memiliki berbagai spesialisasi dengan jobdesc-nya masing-masing yakni audit, manajerial, anggaran, perpajakan dan lainnya. Sebagain besar akuntan mempunyai spesialisasinya masing-masing dan terkadang mengikuti gelar akuntansi yang diperoleh.

3. Lulus Ujian Sertifikasi Akuntan Publik

Nantinya akan ada dua jenis akuntan, yakni yang biasa dan bersertifikasi. Tentu saja akan ada beberapa perbedaan antara profesi akuntan publik biasa dengan yang profesional serta bersertifikasi. Akuntan publik biasa mengerjakan tugas sederhana seperti penyusunan laporan keuangan dan yang sederhana lainnya.

Sedangkan untuk akuntan publik yang bersertifikasi mempunyai kewenangan untuk melakukan pekerjaan yang lebih profesional seperti melakukan audit, meninjau laporan dan mewakili klien sebelum IRS.

4. Menambah Pengalaman Kerja

Untuk menjadi akuntan publik profesional, diharapkan dan juga diharuskan untuk mempunyai pengalaman. Pasalnya tidak sedikit auditor yang tidak berpengalaman yang melakukan kesalahan yang lebih banyak dibanding dengan auditor yang berpengalaman. Oleh karena itu, carilah pengalaman kerja dalam bidang akuntan sebanyak mungkin.

HAD System diisi oleh akuntan akuntan berpengalaman dalam bidangnya. Maka tidak sedikit perusahaan yang merasakan manfaatnya bekerja sama dengan HAD System. Tidak sedikit pula klien yang masih terus memiliki kerjasama hingga sekarang.

5. Memiliki Komitmen Terhadap Etika

Dalam menjalankan tugasnya untuk bersikap profesional, Akuntan Publik diwajibkan untuk memegang prinsip-prinsip profesi yang telah ditetapkan. Seseorang yang menggeluti profesi ini dapat dikatakan profesional apabila dalam melaksanakan tugasnya dilakukan dengan kode etik dan standar profesi yang ada.

6. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Selain cara menjadi akuntan publik diatas, sebagai seseorang Akuntan Publik juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Pasalanya, teknologi saat ini sudah merambah dalam setiap lini pekerjaan yang tidak terkecuali pula dalam profesi akuntan. Dari situlah, seorang akuntan publik butuh untuk peka terhadap perkembangan teknologi agar dapat beradaptasi.

Related :   Jasa Konsultan Keuangan Yogyakarta Profesional

HAD System sangat memahami hal tersebut. Sebagai salah satu contohnya adalah bagaimana HAD System sudah memiliki situs resminya di https://www.hadsystem.com/ yang tidak hanya memberikan informasi bagi klien mengenai jasa yang diberikan namun juga mempermudah untuk klien memahami bagaimana HAD System dapat memberikan pelayanannya.

Itulah bagaimana cara menjadi akuntan publik dan juga sedikit informasi mengenai HAD System yang membangun jasa pelayanan akuntan publiknya hingga sudah dikenal profesional dan juga kredibel dalam memberikan pelayanannya. Semoga artikel ini bermanfaat.