Bidang bidang akuntansi

Bidang Bidang Akuntansi Dan Penjelasannya  

Apakah anda sedang belajar tentang akuntansi dan ingin tahu cakupan dari ilmu akuntansi? Atau apakah anda ingin tahu macam –macam jenis ilmu akuntansi secara lebih detail. Nah jika benar, kami ajak anda membaca artikel di bawah ini. Dalam kesempatan ini kita akan bahas tentang bidang bidang akuntansi dan penjelasanya.

Belajar akuntansi tidak akan lengkap sebelum mempelajari bidang bidang akuntansi. Mempelajari bidang bidang dalam ilmu akuntansi sangat penting karena dengan mempelajari topik ini anda semakin paham betapa luas cakupan dari ilmu akuntansi.

Pengertian akuntansi

Sebelum kita membahas tentang bidang bidang akuntansi ada baiknya kita mengetahui tentang pengertian akuntansi itu sendiri. Jika anda memandang akuntansi dari sudut kegiatannya. Akuntansi bisa diartikan sebagai proses kegiatan yang meliputi identifikasi, pengukuran, dan juga penyampaian informasi ekonomi.

Jika dipandang dari sudut pandang fungsinya, akuntansi bisa diartikan sebagai aktivitas jasa yang menyediakan informasi penting untuk menilai jalannya sebuah perusahaan. Dengan informasi penting tersebut, manajemen perusahaan dan pihak terkait lainnya bisa mengambil keputusan yang tepat terhadap perusahaan.

Kegiatan akuntansi biasanya dilakukan oleh seorang akuntan yang bergabung dengan sebuah kantor akuntan seperti Hiswara Accounting Development. Perusahaan akutansi HADSystem ini didukung oleh para akuntan profesional yang handal dalam bidangnya. HADSystem adalah perusahaan akuntan publik terbaik yang ada di Indonesia.

Bidang bidang Akuntansi yang harus diketahui

Dalam ilmu akuntansi ada 15 bidang akuntansi yang harus diketahui. Berikut adalah bidang bidang akuntansi dan penjelasanya yang harus anda tahu:

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah jenis akuntansi yang kegiatan utamanya adalah melakukan pencatatan terhadap kegiatan keuangan sebuah perusahaan. Seorang akuntan keuangan harus bisa membuat laporan perubahan modal, neraca, laporan laba rugi dll.

Related :   6 Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan yang Mendasar

2. Pemeriksaan akuntansi

Pemeriksaan akuntansi atau sering disebut dengan auditing adalah akuntansi yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan laporan keuangan suatu perusahaan.

3. Akuntansi manajemen

Akuntansi manajemen adalah akutansi yang dilakukan dengan maksud memberikan informasi akuntansi kepada pihak manajemen. Fungsi dari akuntansi manajemen adalah mengendalikan kegiatan sebuah perusahaan, memantau arus kas dll.

4. Akuntansi biaya

Akuntansi biaya atau cost accounting adalah akuntansi yang menghitung, mencatat dan menganalisa data biaya sebuah perusahaan. Cost accounting menekankan control dan penetapan biaya suatu perusahaan.

5. Akuntansi perpajakan

Kegiatan akuntansi jenis ini berhubungan dengan penentuan jumlah pajak dan beban pajak sebuah perusahaan. Penghitungan laporan pajak juga masuk dalam kegiatan akuntansi perpajakan.

6. Akuntansi peranggaran

Akuntansi anggaran atau budgeting berhubungan dengan penetapan anggaran sebuah perusahaan.  Termasuk didalamnya menentukan rancangan keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

7. Akuntansi pemerintahan

Akuntansi pemerintahan adalah akuntansi yang diterapkan dalam bidang pemerintahan. Tugas utama akuntansi pemerintahan adalah membuat laporan keuangan dan pengendalian keuangan di lembaga pemerintahan.

8. Akuntansi sistem

Tugas utama dari akuntansi sistem adalah merancang cara pencatatan akuntansi yang lebih efektif, efisien dan aman. Kegiatan akuntansi ini meliputi menyusun tata laksana pencatatan, pengorganisasian formulir, pengorganisasian dokumen dll.

9. Akuntansi penganggaran

Akuntansi penganggaran atau sering juga disebut dengan budgetary accounting adalah akuntansi yang berhubungan dengan pengumpulan dan pengolahan data keuangan. Dengan akuntansi penganggaran kita bisa menentukan budget operasional sebuah perusahaan dalam periode waktu tertentu.

10. Akuntansi Perbankan

Akuntansi perbankan adalah akuntansi bank yang meliputi kegiatan pencatatan data, klarifikasi, analisis dan penafsiran sebuah data bank. Kegiatan akuntansi bank diperlukan untuk memenuhi permintaan data yang akurat oleh pihak yang membutuhkannya.

Related :   Mengenal Lebih Dalam Ruang Lingkup Akuntansi Publik

11. Akuntansi Internasional

Akuntansi Internasional adalah sebuah standar tunggal laporan akuntansi yang menekankan pada penilaian dengan disclosure yang jelas. Standar akuntansi merupakan regulasi yang harus digunakan ketika seorang akuntan membuat sebuah laporan keuangan.

12. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi pendidikan merupakan akuntansi khusus yang kegiatannya berhubungan dengan dunia pendidikan. Akuntansi jenis ini berhubungan dengan kegiatan belajar dan mengajar.

13. Akuntansi social

Akuntansi jenis ini merupakan akuntansi yang menangani dampak dari lingkungan dan sosial dari sebuah kegiatan bisnis. Akuntansi sosial erat kaitanya dengan CSR sebuah perusahaan.

14. Akuntansi sektor Publik

Akuntansi sektor publik merupakan akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan dana masyarakat. Ini merupakan akuntansi yang berhubungan dengan mekanisme teknis serta analisa akuntansi yang dilakukan di lembaga tinggi negara maupun yayasan sosial.

15. Akuntansi perilaku

Akuntansi perilaku adalah akuntansi yang digabungkan dengan ilmu sosial. Akuntansi perilaku merupakan ilmu yang mempelajari efek dari perilaku manusia terhadap data akuntansi. Data akutansi ini digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Bidang bidang akuntansi ada banyak jenis dan ragamnya. Dengan mengetahui bidang akuntansi diatas, diharapkan anda bisa memahami betapa luasnya cakupan ilmu akuntansi. Jika anda membutuhkan jasa akuntansi berbagai bidang silahkan menghubungi Hiswara Accounting Development di hadsystem.com.