Badan Pemeriksaan Keuangan

Badan Pemeriksaan Keuangan Tugas, Wewenang, dan Semuanya

Badan Pemeriksaan Keuangan Tugas, Wewenang, dan Semuanya

Di Indonesia, banyak sekali organisasi dan juga perusahaan maupun perkantoran yang berkembang pesat. Bahkan, hampir di semua kota nampaknya selalu Anda jumpai gedung-gedung bertingkat yang menjadi salah satu penggerak ekonomi di Indonesia. Dan tentu saja perusahaan itu tak dapat lepas dari Badan Pemeriksaan Keuangan atau yang disingkat BPK.

Tak dapat dipungkiri, peran BPK disini sangatlah penting bagi kelangsungan perusahaan. Perusahaan sendiri wajib menyetorkan laporan audit keuangan yang telah mereka miliki kepada BPK dalam waktu tertentu. Tentu saja, hal itu dimaksudkan agar mengetahui semua kegiatan perusahaan yang sudah dilakukan.

Apa itu BPK atau Badan Pemeriksaan Keuangan?

Sebelum membahas lebih jauh lagi, mungkin sebagian orang belum mengetahui mengenai pengertian atau arti sebenarnya dari Badan Pemeriksaan Keuangan ini sendiri. Maka dari itu, Anda wajib tahu mengenai pengertian dari BPK.

Tahukah Anda jika BPK merupakan satu-satunya lembaga pemerintah yang bertugas dan berwenang dalam memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Posisi lembaga ini telah diperkuat dengan pasal 1 UU RI No. 15 Tahun 2006 Tentang Badan Pemeriksaan Keuangan.

BPK sendiri adalah lembaga yang bebas dan mandiri atau idependent. Sementara itu, anggota BPK dipilih oleh DPR dengan memerhatikan pertimbangan dari DPD dan diresmikan langsung oleh Presiden. Sebelum menduduki jabatan sebagai anggota BPK, setiap anggota wajib mengucapkan janji atau sumpah menurut agamanya yang dipimpin oleh ketua MA.

Tugas Badan Pemeriksaan Keuangan

Telah disebutkan sebelumnya jika BPK memiliki kewenangan untuk melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Detail dari tugas dan fungsi tersebut tertuang dalam pasal 23 ayat (5) UUD Tahun 1945. Kemudian hasil dari pemeriksaan yang dilakukan itu nantinya akan disampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR.

Related :   Jasa Audit Laporan Keuangan, Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan Perusahaan

BPK juga bertugas melakukan pelaporan kepada instansi yang berwenang jika menemukan adanya unsur pidana saat melakukan pemeriksaan keuangan ini. Tentu saja, pelaporan itu telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, paling lambat satu bulan sejak diketahui adanya unsur pidana atau kesalahan tersebut.

Laporan tersebut akan dijadikan dasar penyidikan oleh pihak penyidik yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sehingga, nantinya sanksi pun dapat diberikan sesuai dengan kesalahan yang ditemukan tersebut.

BPK tidak hanya berwenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Lembaga resmi ini juga berwenang melakukan pemeriksaan terhadap semua badan maupun lembaga yang menggunakan keuangan negara, seperti Badan Usaha Milik Negara, Badan Layanan Umum, bahkan hingga ke tingkat daerah.

Wewenang Badan Pemeriksaan Keuangan

Badan Pemeriksaan Keuangan tentu memiliki wewenang dalam melakukan pemeriksaan. Salah satunya adalah meminta keterangan maupun dokumen terkait pengelolaan dan pertanggungjawaban penggunaan uang negara kepada lembaga maupun badan lain, seperti Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Miliki Daerah, dan masih banyak lainnya.

Wewenang BPK tidak hanya memerikan pengelolaan uang negara di lembaga maupun badan usaha, melainkan juga memeriksa tempat penyimpanan uang dan barang milik negara. Wewenang lainnya juga termasuk dalam memerikan pembukuan, tata usaha keuangan negara, laporan pertanggungjawaban, rekening koran, dan semua hal terkait dengan keuangan.

Selain itu, BPK juga memiliki wewenang menentukan objek pemeriksaan, merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan keuangan. Tak hanya itu, BPK juga menentukan waktu dan metode pemeriksaan yang akan dilakukan, serta menyusun dan menyajikan laporan pemeriksaan saat akhir nanti secara jelas dan rinci.

Jika Anda saat ini hendak melengkapi berkas atau dokumen keuangan yang Anda miliki atau membuat laporan audit sebelum diserahkan ke Badan Pemeriksaan Keuangan, Anda bisa memercayakannya pada HAD System. HAD System melayani jasa membuat laporan keuangan dengan cara mengauditnya secara lengkap dan terperinci sesuai fakta perusahaan.

Related :   Kantor Jasa Akuntansi Yang Direkomendasikan

Dengan begitu, perusahaan Anda pun aman ketika BPK melakukan pemeriksaan. Kunjungi hadsystem.com sekarang juga untuk mengetahui informasi lengkap mengenai layanan apa saja yang ditawarkan. Tunggu apalagi? Segera percayakan audit keuangan Anda pada HAD System sekarang juga! Karena HAD System sudah terbukti mampu membuat laporan audit yang profesional dan bersifat objektif.