aplikasi perpajakan

Aplikasi Perpajakan di Indonesia

Di semua negara termasuk Indonesia tak lepas dari yang namanya pajak sebagai salah satu hal wajib yang harus dibayarkan oleh semua masyarakat setiap bulannya. Pajak dapat Anda bayarkan langsung dengan datang ke bank atau kantor pajak. Tapi saat ini, Anda juga dapat membayar pajak secara online melalui aplikasi perpajakan yang kini telah tersedia di Indonesia.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, Direktorat Jenderal Pajak atau DJP telah mengembangkan berbagai aplikasi guna mempermudah administrasi perpajakan. Tentunya bagi Wajib Pajak maupun bagi pegawai pajak akan mendapatkan banyak kemudahan dari hadirnya aplikasi perpajakan tersebut.

Selain dapat memberikan kemudahan, aplikasi yang dikembangkan ini juga telah mengurangi penggunaan kertas dalam jumlah yang cukup signifikan. Secara tak langsung, pemerintah pun telah menggalakkan program mengurangi limbah sampah khususnya sampah kertas yang berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan.

Dalam rangka memfasilitasi wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban membayar pajakanya, pihak Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia telah membuka kanal kerjasama dengan pihak swasta. Kerjasama ini untuk mengembangkan aplikasi perpajakan yang lebih modern dan mampu membantu masyarakat luas.

Aplikasi Pajak di Indonesia

Aplikasi pajak di Indonesia saat ini telah bermunculan dan menjadi alternatif lain selain mengakses laman website resmi DJP dan beberapa kanal lain yang secara resmi disediakan oleh dinas perpajakan. Ada beberapa jenis aplikasi yang dapat Anda akses untuk melakukan pembayaran administrasi pajak.

1. e-SPT

Aplikasi perpajakan yang pertama adalah e-SPT. Pihak DJP sendiri telah meluncurkan aplikasi ini untuk membuat formulir SPT pajak secara elektronik dan online pada tahun 2008 silam. Aplikasi e-SPT ini dimaksudkan untuk membuat formulir surat pemberitahuan elektronik, yang dibuat untuk mengganti formulir surat pemberitahuan yang berbentuk kertas.

Related :   Pentingnya Mengandalkan Jasa Akuntansi dan Pajak Profesional

Dengan adanya aplikasi e-SPT, wajib pajak hanya cukup melakukan perhitungan manual menggunakan Microsoft Excel atau menyiapkan data-data pendukung lainnya. Setelah itu, Wajib Pajak hanya perlu memasukkan data yang diperlukan dan hasil perhitungan pada aplikasi e-SPT. Anda pun dapat melakukannya lewat smartphone android atau iPhone.

2. Pajakku

Aplikasi selanjutnya adalah Pajakku. Fitur aplikasi dari e-Filing yang satu ini merupakan fitur berbayar dan dan bersifat premium. Cara menggunakan layanan ini adalah dengan membuka e-Filing milik Pajakku, kemudian pilih daftar atau login dengan akun yang sudah Anda miliki dan lanjutkan dengan menu e-Filing lalu mengisi formulir yang tersedia.

3. e-Faktur

Berikutnya adalah e-Faktur yang juga menjadi salah satu aplikasi perpajakan terbaik dan bisa Anda akses dengan smartphone andorid. Bagi Anda yang belum tahu, e-Faktur sendiri merupakan faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi atau sebuah sistem elektronik yang telah ditentukan dan telah disediakan oleh pihak DJP itu sendiri.

Aplikasin e-Faktur dikembangkan karena adanya masalah pada penggunaan faktur pajak pada umumnya. Masalahnya seperti penyalahangunaan serta beban biaya administrasi yang cukup besar bagi wajib pajak dan juga DJP. Dengan hadirnya aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan faktur pajak konvensional.

Oleh karena itu, tujuan dari pengembangan aplikasi e-Faktur ini di antaranya adalah untuk menghilangkan penyalahgunaan faktur pajak fiktif atau palsu. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan kemudahan dalam urusan pengadministrasian Pajak Pertambahan Nilai atau PPN yang berlaku di Indonesia.

Serahkan Masalah Perpajakan pada Ahlinya

Mungkin masih ada beberapa orang, khususnya pemilik perusahaan yang masih bingung atau bahkan belum mengetahui mengenai cara menggunakan aplikasi ini. Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan untuk pengadministrasian pajak yang Anda miliki, maka Anda bisa memercayakan semuanya pada HAD System.

Related :   Cara Mudah Dalam Memahami Akuntansi Dasar Bagi Pemula

HAD System sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan melayani jasa audit, pembuatan laporan keuangan, penyusunan pajak, termasuk membantu Anda dalam urusan perpajakan dan yang lainnya. Anda dapat mengunjungi hadsystem.com untuk mengetahui layanan apa saja yang ditawarkan.

HAD System siap membantu masalah yang Anda hadapi dengan dukungan pegawai yang profesional. HAD System juga akan menyelesaikan semua masalah Anda dengan terstruktur dan rapih sehingga hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan. Segera hubungi HAD System untuk solusi masalah perpajakan Anda.