analisis laporan keuangan

Analisis Laporan Keuangan

Dalam dunia perkantoran atau industri, pasti mengenal yang namanya laporan keuangan. Laporan ini sangat penting karena menunjukan aktivitas keuangan yang telah dilakukan oleh perusahaan. Laporan ini dibuat umumnya pada periode tertentu. Analisis laporan keuangan secara terperinci dapat menjadi bahan evaluasi keuangan perusahaan.

Tentu dalam melakukan proses analisis ini akan memakan waktu yang cukup lama. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu dikaji sebelum akhirnya laporan selesai dibuat. Maka dari itu, dalam proses pembuatan laporan ini biasanya akan dilakukan oleh orang yang memang sudah ahli dibidangnya dan mengetahui tentang pembukuan keuangan.

Isi Laporan Keuangan

Pada perusahaan sendiri, umumnya laporan keuangan akan dibuat dalam sebulan sekali atau setahun sekali. Dalam analisis laporan keuangan pun, ada beberapa hal yang wajib dimuat di dalamnya. Hal yang wajib dimuat itu antara lain seperti informasi seputar aktiva, modal dan pasiva yang dimiliki oleh perusahaan tersebut saat itu.

Selain berisi tentang aktiva, modal dan pasiva, laporan keuangan juga wajib berisi mengenai jalannya keluar masuk dana yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan begitu, setelah laporan ini selesai dibuat, maka dapat membantu memperoleh informasi seputar keuntungan atau kerugian yang didapatkan oleh perusahaan Anda.

Dengan demikian, untuk membuat laporan ini harus dilakukan dengan sangat teliti dan sesuai dengan fakta yang ada. Laporan keuangan yang rinci dan lengkap ini juga dapat membantu pihak lain ketika hendak melakukan investasi atau kerja sama dengan perusahaan Anda. Sehingga, perusahaan Anda pun akan semakin mendapatkan banyak keuntungan.

Langkah Melakukan Analisis Laporan Keuangan

Ketika Anda hendak melakukan analisis laporan keuangan, maka Anda wajib mencermati banyak hal. Hal ini berguna agar nanti ketika mulai melakukan analisis, maka Anda dapat melakukannya dengan cepat dan tepat tanpa ada hambatan sama sekali. Beberapa tahapan juga wajib Anda ketahui sebelum melakukan analisis ini.

Related :   Pengertian Dan Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Sebuah Perusahaan

1. Latar Belakang Perusahaan

Pertama, Anda harus memahami latar belakang dari data keuangan perusahaan. Dengan memahami latar belakang data keuangan yang Anda analisis, maka Anda nantinya dapat menentukan beberapa metode yang dapat Anda lakukan. Selain itu, Anda pun juga dapat menerapkan kebijakan yang nantinya Anda gunakan ketika menyusun laporan.

2. Kondisi yang Memengaruhi Keuangan Perusahaan

Berikutnya, Anda wajib memahami kondisi yang memiliki pengaruh pada keuangan perusahaan tersebut. Kondisi keuangan yang wajib Anda ketahui mencakup informasi mengenai kecenderungan bidang usaha perusahaan dan pasar yang dituju perusahaan.

Selain itu, ada kondisi lainnya yang juga penting untuk Anda ketahui. Salah satunya datang dari faktor ekonomi yang sekarang ini masih terus berjalan dan dinamis. Hal yang bisa berpengaruh pada perusahaan adalah tingkat inflasi, pajak serta pendapatan perusahaan. Bagian internal perusahaan juga dapat memengaruhi kondisi keuangan perusahaan.

3. Meninjau Ulang Laporan Keuangan Periode Sebelumnya

Ketiga, Anda juga wajib mempelajari laporan keuangan perusahaan tersebut pada periode yang lalu. Hal ini penting dilakukan sebelum Anda melakukan analisis laporan keuangan tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laporan keuangan telah cukup jelas dan lengkap untuk memuat informasi rinci mengenai perusahaan sesuai dengan faktanya.

4. Menyusun Hasil Analisis

Langkah analisis yang terakhir adalah menyusun hasil dari analisis yang telah dilakukan. Disini pihak penyusun laporan akan menggunakan berbagai macam metode dan teknik analisis yang tepat untuk membuat laporan tersebut.

Tidak Mudah untuk Melakukan Analisis Sebuah Laporan Keuangan

Tentunya, tidak mudah untuk melakukan analisis terkait laporan keuangan karena detail yang begitu banyak. Bagi Anda yang sekarang hendak membuat laporan keuangan, tetapi masih merasa kesulitan, maka HAD System bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk Anda, karena mereka sudah sangat terkenal mengerjakan analisis laporan keuangan.

Related :   Pilihan Tepat Untuk Jasa Akuntansi dan Pajak Perusahaan Anda

HAD System merupakan perusahaan penyedia jasa layanan konsultasi, auditing, sekaligus pembuat laporan keuangan terbaik dan resmi di Indonesia. Anda tak perlu khawatir, karena analisis laporan keuangan yang dilakukan oleh HAD System sudah terperinci dan sesuai dengan standar yang ada.

Selain itu analisis dari laporan keuangan yang Anda dapatkan, hasilnya dijamin jelas dan sesuai dengan fakta yang ada. HAD System siap memberikan pelayanan terbaik khusus untuk perusahaan Anda. Segera hubungi hadsystem.com sekarang juga sebagai solusi pembuat laporan keuangan Anda.