Akuntansi Syariah

5 Kelebihan Akuntansi Syariah Yang Bisa Ketahui

Pengertian akuntansi syariah terdapat beberapa macam pandangan. Akuntansi sendiri dimaknai sebagai suatu proses pencatatan yang menghasilkan informasi keuangan dalam bentuk laporan keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Sedangkan syariah di definisikan sebagai segara aturan yang telah di tetapkan oleh Allah SWT yang harus di patuhi semua manusia dalam segara pekerjaannya di dunia.

Sehingga akuntansi syariah disimpulkan sebagai proses akuntansi yang sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan oleh Allah Swt. Dan tidak mengandung hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Dalam akuntansi berbasis syariah terdiri dari beberapa kelebihan untuk manusia, yaitu:

1. Sistem Bagi Hasil Yang Adil

Dalam akuntansi berbasis syariah tidak memiliki sistem bunga namun lebih menggunakan sistem dengan basis bagi hasil. Sehingga baik penerima atau pun peminjam menanggung risiko bersama-sama dengan kondisi keuangan dan semua pihak terlibat.

Dengan menggunakan sistem ini, keuntungan bisa dilihat dengan jelas dan sistem pembagian hasil yang ditetapkan sesuai dengan kesepakatan awal yang sudah disepakati bersama. Misalnya saja ada 2 pihak yang bertemu sebagai pemilik modal dan sebagai pengelola modal. Maka kedua belah pihak akan mengetahui bagaimana keuntungan yang didapat dan pembagiannya sesuai dengan kesepakatan dulu.

2. Sistem Terbebas Dari Riba

Riba selama ini adalah hal yang paling ditakuti dalam sistem perbankan atau pun sistem permodalan. Riba sendiri didefinisikan sebagai bunga yang harus dikembalikan berdasarkan presentasi dari jumlah pinjaman pokok yang diberikan kepada peminjam. Sistem riba atau bunga ini mayoritas memberatkan para peminjam. Karena presentase bunga yang ditentukan bisa lebih besar dari nilai barang yang dijadikan transaksi.

Sedangkan dalam akuntansi syariah, penyajian laporan menggunakan konsep time value of money dan dibuat lebih bagus dan lebih memenuhi kebutuhan di mata investor. Dalam akuntansi berbasis syariah menunjukan bahwa transaksi bisnis mengandung nilai moral dan norma bagi setiap pelakunya.

Related :   Pengertian Dan Fungsi Akuntansi Manajemen Dalam Sebuah Perusahaan

3. Disertai Sistem Tenggang Rasa

Akuntansi berbasis syariah tidak hanya berfokus pada pelaksanaan akuntansi saja, namun juga terdapat unsur zakat yang menjadi salah satu kelebihan dari sistem ini. Dalam teori ini tidak hanya mengatur dan memperhitugkan dana untuk kepentingan bisnis semata. Namun juga memperhitungkan kepentingan yang bernilai toleransi dan tenggang rasa untuk semua pihak.

Pertimbangan kepentingan bernilai toleransi itu dibentuk dalam bentuk zakat atau infak dari hasil yang didapatkan. Misalnya saja dalam bentuk zakat penghasilan dan lain sebagainya. Cara ini tentunya memiliki manfaat tersendiri tidak hanya bagi pihak yang terlibat dalam transaksi perbankan berbasis syariah.

4. Dengan Landasan Hukum Dari Tuhan

Kelebihan yang paling bisa dilihat secara mendasar dalam akuntansi syariah adalah landasan hukum yang diterapkan bersumber dari Tuhan. Akuntansi berbasis syariah landasan hukumnya sesuai dengan kaidah-kaidah agama islam. Jadi ketentuan dan dasar hukum yang dipatuhi bukanlah hukum buatan tangan manusia melainkan bersumber dari Tuhan.

Setiap ketentuan yang berlaku sudah tidak perlu diragukan lagi, dan ketentuan ini tidak akan berubah seiring perkembangan zaman. Meskipun tidak diperbaharui namun ketentuan bisa diaplikasikan dari tahun ke tahun sepanjang masa. Perusahaan yang menerapkan sistem akuntansi syariah berarti telah mengambil tanggung jawab sosial yang besar dan tentunya berpengaruh pada etika bisnis yang dianut sehingga menjadi lebih baik.

5. Menggunakan Prinsip Jual Beli Murabahah

Dalam transaksi jual beli, akuntansi berbasis syariah menerapkan sistem yang sesuai dengan ketentuan agama islam. Misalnya saja transaksi antar bank dan nasabah yang akan mengajukan kredit suatu barang atau pun uang. Dalam sistem ini tidak merugikan salah satu pihak saja atau memberatkan pihak yang meminjam saja.

Related :   5 Karakteristik Akuntansi Internasional Dalam Perusahaan Multinasional

Prinsip murabahah sendiri adalah kerjasama berdasarkan kesempatan awal yang sudah dibicarakan kedua belah pihak sebelumnya. Dalam kesepakatan tersebut isinya membicarakan tentang bunga yang akan dibayar dan terima oleh masing-masing pihak.

Dengan menerapkan sistem akuntansi berbasis syariah perusahaan mampu berkembang dengan lebih baik dan membantu perkembangan masyarakat secara luas. Untuk bisa menerapkan sistem akuntansi berbasis syariah yang baik bisa memanfaatkan software akuntansi online sama seperti jurnal. Dengan jurnal online mempermudah dan membantu pengelolaan keuangan lebih mudah, cepat dan aman.