Ini Elemen Yang Ada Pada Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sektor publik adalah sebuah mekanisme teknik beserta analisa akuntansi yang diterapkan dalam pengelolaan dana masyarakat. Penerapan pengelolaan dana masyarakat ini diterapkan di lembaga-lembaga tinggi negara beserta departemen di bawahnya. BUMN, BUMD, LSM, yayasan sosial, dan proyek kerja sama sektor publik dan swasta juga menerapkan akuntansi ini.

Dalam sebuah elemen akuntansi sektor publik, ada beberapa bagian yang dibutuhkan dalam pengelolaan keuangan sektor publik. Oleh karena itu, berikut ini adalah elemen yang ada pada akuntansi sektor publik.

1. Penganggaran Publik

Anggaran adalah alat akuntabilitas, manajemen, dan kebijakan ekonomi. Tujuan dari anggaran adalah untuk mewujudkan pertumbuhan dan stabilitas perekonomian serta pemerataan pendapatan supaya mencapai tujuan bernegara. Anggaran memberikan rencana atas pendapatan dan pengeluaran organisasi agar pembelanjaan dapat dipertanggungjawabkan kepada  publik.

Tanpa anggaran, organisasi bahkan tidak dapat mengendalikan pemborosan pengeluaran. Bahkan, tidak berlebihan jika pengelola maupun pengguna anggaran beserta manajer publik lainnya dapat dikendalikan melalui anggaran. Kesuksesan sebuah pelaksanaan anggaran ditentukan juga oleh kebijakan keuangan secara menyeluruh serta ditentukan oleh lembaga pelaksana tertinggi.

2. Perencanaan Publik

Perencanaan merupakan sebuah proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, yaitu melalui urutan pilihan. Cara tersebut tentunya melalui perhitungan sumber daya yang tersedia sebagaimana  tertuang dalam UU RI Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional  Pasal  1 Poin 1.

Aspek yang terkandung dalam perencanaan adalah perumusan tujuan serta cara mencapai tujuan tersebut. Penerapannya dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada karena hakikat dan tujuan publik adalah kesejahteraan publik. Maka tujuan perencanaan publik adalah perencanaan pencapaian kesejahteraan publik secara bertahap dan sistematis.

3. Pengadaan Barang Dan Jasa Publik

Pengadaan barang dan jasa publik adalah serangkaian proses, cara, dan tindakan dalam menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Barang dan jasa yang disediakan tentunya adalah bentuk pelayanan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Tujuan dari pengadaan barang dan jasa publik adalah untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Related :   Perusahaan Bukan Hanya Perlu Tapi Wajib Melakukan Pembukuan

4. Realisasi Anggaran Publik

Secara teori, realisasi anggaran publik adalah pelaksanaan anggaran publik yang telah direncanakan dan ditetapkan dalam bentuk program dan kegiatan nyata. Realisasi anggaran merujuk pada arahan atau pengendalian sistematis dari proses yang mengubah input menjadi barang dan jasa. Dalam hal ini, proses tersebut sangat berkaitan dengan kualitas keluaran.

Hal yang perlu diketahui adalah realisasi anggaran terangkai dari siklus yang terdiri atas persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Semua siklus tersebut tentunya saling berkaitan satu dengan yang lain.

5. Pelaporan Keuangan Sektor Publik

Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses akuntansi. Dalam sebuah laporan keuangan haruslah menyajikan informasi yang berguna untuk mengambil keputusan oleh pihak yang berkepentingan. Karena laporan keuangan menggambarkan segala proses mulai dari pencapaian kinerja program dan kegiatan sampai dengan realisasi pembiayaan.

6. Audit Sektor Publik

Pemeriksaan atau auditing adalah investigasi independen terhadap beberapa aktivitas khusus. Mekanismenya adalah memposisikan dan menggerakkan makna akuntabilitas dalam pengelolaan sektor pemerintahan maupun instansi lainnya.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengekspresikan opini secara jujur mengenai posisi keuangan, kinerja, hasil operasi, serta aliran kas. Semua unsur tersebut disesuaikan dengan  prinsip akuntansi umum. Oleh karena itu, laporan auditor merupakan media yang mengekspresikan opini auditor atau dalam kondisi tertentu bisa juga menyangkal suatu opini.

Audit berhubungan erat dengan prinsip serta prosedur akuntansi yang digunakan oleh berbagai organisasi sektor publik dan pemerintahan. Pihak-pihak tertentu wajib memiliki pemahaman yang komprehensif tentang pemeriksaan yang memang diprioritaskan terlebih dahulu.

Terlebih lagi pada pemahaman tentang sistem akuntansi yang dipakai oleh organisasi publik. Agar pemeriksaan atau audit dapat berjalan dengan baik, organisasi publik juga harus memahami segala sesuatu terkait audit yang harus dipersiapkan.

Related :   Salah Sangka Mengenai Tax Planning

7. Pertanggungjawaban Publik

Pertanggungjawaban publik adalah elemen terakhir dari akuntansi sektor publik. Tindakan yang dilakukan oleh kepala organisasi sektor publik dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban kepada pemberi amanatnya adalah pengertian dari pertanggungjawaban publik. Contohnya pertanggungjawaban publik adalah penyampaian LPJ bupati kepada DPRD.

Akuntansi sektor publik merupakan mekanisme teknik dan analisa akuntansi yang diterapkan dalam pengelolaan dana masyarakat. Lembaga-lembaga negara mulai dari tingkat pusat sampai tingkat daerah menerapkan akuntansi ini. Dalam pelaksanaannya, akuntansi yang terdapat pada sektor publik memiliki unsur yang sangat penting dan berkaitan satu sama lain.