Akuntansi Sektor Publik Adalah

Akuntansi Sektor Publik Adalah Accountability. Selengkapnya Simak Disini!

Akuntansi sektor publik mungkin bagi sebagian orang tidak asing lagi mendengarnya. Meskipun familiar di dengar, masih banyak yang tidak tahu apa itu akuntansi sektor publik. Akuntansi sektor publik adalah proses dari pengumpulan sebuah data, pencatatan, pengklasifikasian, analisis, dan pembuatan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan, lembaga, organisasi, baik itu swasta maupun negeri.

Akuntansi publik sendiri digunakan untuk menyediakan berbagai macam informasi keuangan untuk pihak-pihak yang membutuhkan pada saat mengambil sebuah keputusan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pengertian akuntansi sektor publik menurut beberapa ahli dan hal-hal yang berkaitan dengannya.

Pengertian Akuntansi Sektor Publik

Untuk mengetahui lebih jelas pengertian dari akuntansi sektor publik, berikut ini merupakan pengertian-pengertian dari akuntansi sektor publik menurut beberapa ahli.

1. Menurut Abdul Hafiz

Akuntansi sektor publik adalah penggolongan, pencatatan, dan pengikhtisaran yang menggunakan beragam metode tertentu dalam ukuran transaksi, moneter, serta kejadian yang sifatnya masuk kedalam laporan penyelenggaraan pemerintah yang turut pada asas otonomi. Selain itu, akuntansi sektor publik sendiri mempunyai tugas pembatuan yang didasarkan pada prinsip otonomi serta sistem NKRI.

2. Menurut Indra Bastian

Akuntansi sektor publik adalah mekanisme dalam teknik serta analisis akuntansi yang digunakan pada pengelolaan dana masyarakat yang berada pada lembaga-lembaga negara serta departemen yang berada di bawahnya seperti BUMD, BUMN, LSM, yayasan-yayasan sosial, serta dana-dana proyek kerja sama baik dari sektor publik maupun sektor swasta.

Sedangkan didalam bukunya yang berjudul akuntansi sektor publik, ia mendefinisikan akuntansi sektor publik lebih luas lagi yakni sebagai metode manajemen negara. Sedangkan dalam arti sempitnya didefinisikan sebagai pungutan yang dilakukan oleh sebuah negara.

3. Menurut Warren

Akuntansi sektor publik secara umum didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang  berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi serta kondisi dari perusahaan.

Related :   UMKM Cepat Berkembang Dengan Bantuan Jasa Akuntansi Online

4. Menurut Littleton

Akuntansi sektor publik adalah melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) serta hasil (prestasi). Konsep tersebut merupakan inti dari teori akuntansi serta merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi itu sendiri.

5. Menurut Accounting Principle Board Statement

Pengertian akuntansi sektor publik yang terakhir datang dari Accounting Principle Board Statement. Ia menyatakan bahwa akuntansi sektor publik adalah sebagai suatu kegiatan jasa yang berfungsi untuk memberikan sebuah informasi kuantitatif.

Informasi tersebut pada umumnya dalam ukuran uang, mengenai suatu badan ekonomi yang dimaksudkan untuk digunakan dalam pengambilan sebuah keputusan ekonomi. Dimana keputusan tersebut digunakan dalam memilih diantara beberapa alternatif.

Tujuan Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi sektor publik sendiri mempunyai tujuan khusus. Adapun tujuan dari akuntansi sektor publik sendiri adalah sebagai berikut.

1. Accountability

Tujuan pertama dari akuntansi sektor publik adalah accountability. Accountability digunakan untuk memberikan sebuah informasi yang bisa berguna bagi seorang manager sektor publik sendiri, yang mana bisa digunakan dalam membuat laporan pertanggungjawaban bidang, divisi, maupun sumber daya yang berada di bawah naungannya sendiri. Selain itu, maksud dari tujuan ini yakni digunakan untuk melaporkan berbagai macam kegiatan pada publik atas operasi pemerintahan serta penggunaan anggaran publik itu sendiri.

2. Management Control

Tujuan kedua dari akuntansi sektor publik adalah management control. Management control sendiri adalah memberikan informasi yang memang benar-benar dibutuhkan dalam pengelolaan dari suatu lembaga atau organisasi secara tepat, cepat, efisien, serta ekonomis atas operasi serta penggunaan dari sumber daya yang telah dianggarkan dalam sebuah organisasi atau lembaga.

Ruang lingkup Akuntansi Sektor Publik

Ruang lingkup akuntansi sektor publik sendiri meliputi badan-badan pemerintahan baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta unit-unit kerja pemerintah yang lainnya, organisasi sukarelawan, rumah sakit, perguruan tinggi dan universitas. Selain itu ruang lingkup akuntansi sektor publik sendiri meliputi yayasan, lembaga swadaya masyarakat, organisasi keagamaan, organisasi politik, dan lain sebagainya.

Related :   Kantor Jasa Akuntasi Terpecaya Yang Harus Anda Ketahui

Sedangkan untuk sistem akuntansi untuk badan-badan pemerintahan sendiri harus mengikuti standar akuntansi pemerintah atau SAP. Yang mana SAP itu  telah dituliskan dalam undang-undang nomor 17 tahun 2003 pasal 32, undang-undang nomor 1 tahun 2004 pasal 51 ayat 3 serta pada peraturan pemerintah no 24 tahun 2005.

Di sisi lain, unit-unit pemerintah yang bergerak pada bidang bisnis seperti BUMN dan BUMD sendiri harus mengikuti standar akuntansi keuangan yang dikeluarkan oleh IAI atau singkatan dari ikatan akuntansi indonesia. Sedangkan untuk organisasi publik non pemerintahan harus mengikuti standar akuntansi keuangan.

Itulah pengertian dari akuntansi sektor publik serta beberapa hal yang berkaitan dengannya. Dengan beberapa pengertian serta beberapa hal yang berkaitan dengan akuntansi sektor itu sendiri, maka tentunya sudah bisa mengetahui lebih jelas lagi apa itu akuntansi sektor publik.