Pengertian Dan Pihak Pengguna Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Akuntansi berasal dari bahasa asing accounting yang memiliki arti menghitung atau mempertanggungjawabkan. Hampir semua bisnis di seluruh Indonesia menggunakan sistem akuntansi, bahkan tidak hanya itu di kehidupan sehari-hari kita juga sering menggunakan akuntansi. Berikut adalah penjelasan mengenai akuntansi sebagai sistem informasi :

Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah seni dalam pencatatan, penggolongan dan peringkasan dalam suatu kejadian atau transaksi yang bersifat keuangan atau penafsiran hasil-hasil keuangan. Akuntansi merupakan bahasa bisnis yang menjadi jembatan dalam penyampaian informasi bisnis yang menyangkut segala data keuangan. Disinilah fungsi akuntansi sebagai sistem informasi menjadi satu hal yang penting karena menyangkut data keuangan suatu bisnis.

Pihak Internal Pemakai Informasi Akuntansi

Akuntansi sebagai sistem informasi sangat menguntungkan banyak pihak dalam hal mempermudah menghitung, mencatat dan melaporkan data keuangan. Salah satunya adalah pihak Internal yang merupakan pihak yang berhubungan langsung dengan operasi atau kinerja suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa pihak internal yang menggunakan informasi akuntansi :

1. Pemilik (Owner)

Pemilik suatu perusahaan atau organisasi selalu membutuhkan akuntansi sebagai sistem informasi dalam perusahaan atau organisasi. Karena dengan akuntansi sebagai sistem informasi maka pemilik perusahaan akan mengetahui dana modal yang digunakan serta untuk melihat atau mengawasi dana pengembalian investasi.

2. Manajemen Perusahaan Atau Organisasi

Pihak manajemen mengunakan informasi akuntansi untuk mengetahui keuntungan dan kerugian suatu perusahaan atau organisasi. Dengan mengetahui keuntungan dan kerugian maka manajemen dapat memperbaiki dimasa depan untuk kebaikan dan kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

3. Karyawan

Bukan hanya owner atau manajemen yang memerlukan akuntansi sebagai informasi, karyawan juga memerlukan akuntansi sebagai informasi untuk pengajuan dalam kenaikan upah sesuai dengan informasi akuntansi dan kondisi kerja yang dialami.

Related :   5 Tips Memilih Konsultan Pajak Untuk Perusahaan

Pihak Eksternal Pemakai Informasi Akuntansi

Pihak eksternal atau pihak dari luar merupakan anggota yang tidak berasal dari suatu perusahaan atau organisasi tersebut. Namun pihak eksternal juga memerlukan akuntansi sebagai informasi untuk beberapa tujuan. Sebagian besar informasi akuntansi ini sangat berpengaruh kepada keberadaan atau kemajuan perusahaan kedepannya. Berikut adalah beberapa pihak eksternal yang menggunakan akuntansi sebagai informasi:

1. Kreditur

Kreditur merupakan orang yang memberikan pinjaman kepada suatu perusahaan, organisasi atau perorangan. Sebelum memberikan pinjaman biasanya kreditur akan meminta informasi akuntansi suatu perusahaan atau organisasi untuk mengurangi resiko kerugian karena tidak dapat mengembalikan pinjaman.

Dengan informasi akuntansi yang dilihat sendiri oleh kreditur maka kreditur bisa menentukan kesehatan keuangan suatu perusahaan dan juga bisa menentukan berapa besar dana pinjaman yang dapat diberikan.

2. Investor

Investor memerlukan informasi akuntansi untuk mengetahui bahwa dana investasi yang diberikan aman dan terkendali. Dengan informasi yang diberikan perusahaan kepada investor maka investor akan mengetahui kemajuan dan kemakmuran suatu perusahaan dari informasi tersebut dan dapat memastikan bahwa dana investasinya aman.

3. Pemerintah

Informasi akuntansi suatu perusahaan digunakan oleh pemerintah untuk menetapkan kebijakan pajak. Tidak hanya itu informasi akuntansi juga bisa dijadikan dasar dalam pembinaan perusahaan. Pemerintah juga akan terus memantau informasi akuntansi suatu perusahaan untuk menentukan berapa besar pajak yang harus dibayarkan untuk kontribusi kepada masyarakat.

4. Konsumen Atau Pelanggan

Konsumen atau pelanggan yang terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan perusahaan memerlukan informasi akuntansi perusahaan untuk melihat kelangsungan usaha perusahaan dan juga untuk mendapatkan harga beli lebih rendah sesuai dengan kesepakatan bersama berdasarkan perhitungan laba yang diperoleh.

Dengan mengetahui kelangsungan usaha berdasarkan informasi akuntansi yang didapat maka konsumen tidak akan khawatir jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan terkait kontrak yang telah disepakati.

Related :   Penting! Ini 6 Tips Memilih Jasa konsultan Keuangan

5. Masyarakat

Informasi akuntansi sangat berguna bagi masyarakat untuk menilai kecenderungan dan perkembangan suatu perusahaan. Karena pada umumnya masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan akan menggantungkan harapan hidupnya pada perusahaan, contohnya seperti penyediaan lapangan pekerjaan oleh perusahaan, jaminan keamanan, atau kesejahteraan. Oleh karena itu masyarakat memerlukan informasi akuntansi untuk membantu dalam perkembangan perusahaan.

Itulah pengertian dari akuntansi dan beberapa pihak yang menggunakan akuntansi sebagai sistem informasi. Akuntansi sangat berguna bagi banyak pihak dan bagi kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.