Pemakai Intern Dan Ekstern Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Akuntansi adalah proses mulai dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan ekonomi. Sedangkan akuntansi sebagai sistem informasi dimaknai sebagai proses akuntansi yang secara garis besar merupakan pembukuan dan laporan yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi para pengguna keuangan.

Proses Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Dalam proses akuntansi sebagai sistem informasi setidaknya adalah tiga hal yang sangat berpengaruh. Yaitu input sebagai masukan dari sebuah informasi ekonomi dan kegiatan transaksi pada suatu perusahaan. Masukan tersebut di kelola mulai dari diidentifikasi, diukur, dilaporkan untuk menghasilkan output atau keluaran berupa informasi keuangan. Kemudian informasi keluaran dijadikan sebuah acuan bagi para pemimpin perusahaan untuk mengambil keputusan perusahaan.

Inilah pentingnya akuntansi informasi karena bisa mempengaruhi bagaimana kebijakan suatu perusahaan melalui laporan keluaran yang sudah diberikan. Sedangkan untuk pemakai informasi yang dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

Pemakai Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Secara umum terdapat dua golongan yang menggunakan informasi akuntansi ini, namun dua golongan tersebut masih di bagi menjadi beberapa golongan lainnya. Golongan itu adalah:

Pihak Internal

Pihak internal yang menjadi pemakai akuntansi adalah pihak yang berhubungan langsung dengan operasi suatu perusahaan setiap harinya. Misalnya saja seorang pemimpin perusahaan yang tentunya membutuhkan sajian informasi akuntansi yang valid dan terpercaya. Hal ini karena seorang pemimpin yang akan mengambil keputusan penting dalam perusahaannya.

Pihak Ekstern

Selain pihak internal, akuntansi sebagai informasi digunakan pula oleh pihak eksternal atau pihak dari luar yang tidak berhubungan secara langsung dengan perusahaan namun memiliki hubungan tidak langsung. Beberapa pemakai akuntansi informasi ini adalah:

1. Pemilik Perusahaan / Investor

Mengapa pemilik perusahaan atau yang lebih di kenal sebagai investor membutuhkan laporan akuntansi? Karena pemilik perusahaan merupakan pihak yang memberikan modal untuk kegiatan bisnis yang dijalankan suatu perusahaan. Tentunya pemilik perusahaan membutuhkan informasi terkait segala hal tentang perkembangan perusahaan dan tentunya laporan informasi akuntansi untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dan kinerja perusahaan selama ini.

Related :   Jasa Konsultan Keuangan Yogyakarta Profesional

2. Kreditor

Pihak selanjutnya yang membutuhkan informasi akuntansi adalah kreditor. Banyak sekali perusahaan yang ketika dirintis atau dalam perjalanannya membutuhkan tambahan modal. Disinilah gunanya kreditor yaitu untuk memberikan pinjaman dana kepada perusahaan sebagai tambahan modal.

Informasi akuntansi diperlukan oleh kreditor untuk dijadikan dasar dalam memberikan pinjaman. Besar kecilnya pinjaman yang akan didapatkan sesuai dengan posisi keuangan dan kinerja perusahaan. Jika dirasa perusahaan tersebut bisa menjanjikan kedepannya maka kreditor akan memberikan pinjaman modal yang lebih banyak.

3. Pemerintah

Selanjutnya, pihak yang membutuhkan informasi akuntansi adalah pemerintah. Meskipun pemerintah tidak memiliki hubungan langsung dengan perusahaan namun setiap bisnis atau usaha yang berjalan tentunya selalu di awasi oleh pemerintah.

Apa pentingnya pemerintah mengawasi perusahaan? Hal ini untuk menetapkan besaran pajak yang harus di tanggung oleh suatu perusahaan kepada pemerintah. Pajak yang dibayarkan tersebut akan digunakan untuk melakukan pembangunan infrastruktur umum.

4.  Karyawan Perusahaan

Informasi akuntansi juga tidak kalah penting untuk para karyawan perusahaan. Karyawan adalah sumber daya manusia yang memiliki peran untuk memajukan kinerja perusahaan. Dengan diberikan informasi akuntansi atau laporan keuangan maka karyawan bisa mengetahui bagaimana kondisi perusahaan, bagaimana kemampuan perusahaan dalam memberikan upah, membuka kesempatan kerja atau memberikan dana pensiun.

5. Masyarakat

Perusahaan yang berkembang memiliki andil dalam membangun perekonomian nasional, karena perusahaan tersebut bisa memerikan lapangan pekerjaan dan memberikan manfaat sosial lainnya. Informasi akuntansi suatu perusahaan dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengetahui kemampuan suatu perusahaan dalam memberikan lapangan kerja dan manfaat sosial.

Meskipun harus diakui bahwa informasi akuntansi yang dibutuhkan masyarakat tidaklah detail seperti yang dibutuhkan investor atau kreditor. Masyarakat hanya membutuhkan informasi laporan keuangan suatu perusahaan secara garis besarnya saja.

Related :   Jasa Akuntansi dan Pembukuan Yogyakarta

Itulah sekilas pembahasan tentang akuntansi sebagai sistem informasi dan juga pihak-pihak pemakai atau yang membutuhkannya. Ternyata cukup banyak dan luas pihak yang membutuhkan informasi keadaan ekonomi dan keuangan perusahaan sehingga pembuatan daftar buku keuangan harus bagus dan rapi.

Akuntansi bukan hanya soal pembukuan semata, namun juga menjadi penentu langkah perusahaan selanjutnya. Dengan adanya sistem informasi akuntansi akan memberikan gambaran kepada pemilik perusahaan tentang masa depan perusahaan tersebut.