Mengenal Lebih Dalam Ruang Lingkup Akuntansi Publik

Sampai saat ini, definisi dari akuntansi publik masih belum bisa didefinisikan dengan jelas. Terlepas dari definisi tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa akuntansi publik selalu berhubungan dengan fasilitas publik. Fasilitas publik biasanya berkaitan dengan aturan pelengkap dari pemerintah yang mengakumulasikan permintaan pinjaman dan hutang sektor publik untuk tahun tertentu.

Akuntansi publik menjadi sebuah profesi yang memberikan jasa sebagai profesional dan sudah memiliki izin negara. Izin tersebut berlaku untuk melakukan praktek sebagai akuntan swasta yang bekerja secara independen.

Izin Akuntan Publik

Seperti yang sudah disampaikan di atas, menjadi seorang akuntan publik diperlukan sertifikat atau izin resmi dari Menteri Keuangan. Izin tersebut berlaku selama 5 tahun dan bisa diperpanjang. Berikut ini adalah beberapa syarat untuk mendapatkan izin akuntan publik dari pemerintah:

  • Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Republik Indonesia dan dibuktikan dengan KTP.
  • Memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.
  • Belum atau tidak pernah menerima sanksi pencabutan izin sebagai akuntan publik.
  • Tidak pernah dipidana yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan kejahatan pidana dengan ancaman penjara 5 tahun atau lebih.
  • Anggota IAPI atau Ikatan Akuntan Publik Indonesia.
  • Tidak berada dalam keadaan pengampunan.
  • Membuat serta mengajukan surat permohonan dengan melengkapi formulir Permohonan Izin Akuntan Publik serta membuat surat pernyataan tidak merangkap jabatan.
  • Membuat surat pernyataan bermaterai cukup.

Standar Pelaporan Akuntansi Publik

Dalam pelaksanaannya, seorang akuntan publik memiliki standar-standar yang wajib dilaksanakan saat bekerja. Untuk itu, berikut adalah beberapa standar pelaporan akuntan publik ketika mereka bekerja:

  • Laporan wajib menyatakan suatu laporan keuangan yang diperiksa sesuai dengan prinsip akuntansi keuangan yang berlaku.
  • Pengungkapan informasi terhadap laporan keuangan harus dipandang memadai. terkecuali jika dinyatakan lain dalam laporan auditor.
  • Laporan keuangan juga harus menyatakan dan menunjukkan apabila ada yang tidak konsisten dalam menerapkan prinsip akuntansi. Hal ini juga termasuk dalam penyusunan sebuah laporan keuangan pada periode yang sedang berjalan yang dibandingkan periode terdahulu.
  • Laporan audit harus terdapat pernyataan pendapat mengenai laporan yang diperiksa secara menyeluruh. Jika tidak ada pendapat atas laporan keuangan, alasan tidak memberikan pendapat juga harus disertakan.
Related :   Jangan Langsung Tertarik Dengan Jasa Audit Akuntan Publik Tarif Rendah

Layanan Akuntansi Publik

Akuntan publik memiliki dua jenis jasa, yaitu jasa atestasi dan jasa non atestasi. Kedua jasa ini memiliki layanan masing-masing dan berikut adalah layanan yang ada pada akuntansi publik:

1. Audit

Contoh layanan audit adalah audit atas laporan keuangan historis. Dalam audit laporan keuangan, klien akan menugaskan auditor untuk menghimpun kemudian mengevaluasi bukti yang berkaitan dengan laporan keuangan untuk memberikan pendapat mengenai kewajaran laporan keuangan. Keyakinan yang diberikan pada audit adalah keyakinan positif atau positive assurance.

2. Pemeriksaan

Auditor akan memberikan pendapat atas asersi-asersi suatu pihak sesuai dengan kriteria yang ditentukan ketika melaksanakan tugasnya. Keyakinan yang diberikan tentu saja keyakinan positif. Tingkat keyakinan pemeriksaan berada di bawah audit.

3. Review

Jasa review dilakukan dengan cara wawancara dengan manajemen beserta analisa komparatif informasi keuangan suatu perusahaan. Keyakinan yang diberikan pada review adalah keyakinan negatif. Dalam memberikan keyakinan negatif, auditor harus menyatakan pendapat penolakan pemberian pendapat atau disclaimer of opinion.

4. Jasa Akuntansi

Jika beberapa contoh di atas adalah layanan atestasi, maka jasa akuntansi dan beberapa poin di bawah merupakan contoh layanan non atestasi. Jasa akuntansi dapat diberikan dengan aktivitas pencatatan, penjurnalan, posting, jurnal penyesuaian sampai penyusunan laporan keuangan klien. Bahkan layanan perancangan sistem akuntansi klien juga bisa dilakukan.

5. Jasa Perpajakan

Layanan jasa perpajakan biasanya meliputi pengisian surat laporan pajak dan perencanaan pajak. Orang yang bekerja pada jasa ini juga dapat bertindak sebagai penasihat dalam masalah perpajakan serta melakukan pembelaan. Pembelaan dilakukan apabila perusahaan yang menerima jasa sedang mengalami permasalahan dengan kantor pajak.

6. Jasa Konsultasi Manajemen

Jasa konsultasi manajemen merupakan fungsi pemberian konsultasi dengan cara memberikan saran dan bantuan teknis kepada klien. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penggunaan kemampuan dan sumber daya untuk mencapai tujuan perusahaan klien.

Related :   Tips Mencari Konsultan Franchise di Jogja Untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Akuntansi publik adalah profesi yang memberikan jasa sebagai orang yang profesional. Dalam melaksanakan tugasnya, akuntan publik harus memiliki izin dari pemerintah yang berlaku selama lima tahun dan bisa diperbaharui. Selain itu, akuntansi publik memiliki standar operasional beserta layanan yang terbagi menjadi dua jenis.