Pengertian, Jenis Dan Manfaat Akuntansi Keuangan Yang Bisa Dipelajari

Akuntansi keuangan ternyata memiliki peran penting terutama bagi pelaku suatu usaha. Tidak hanya bagi perusahaan yang besar, ternyata seorang ibu rumah tangga pun perlu mempelajari dan mengetahui tentang akuntansi keuangan ini dengan baik. Sebenarnya apa pengertian akuntansi keuangan dan adakah jenis serta manfaatnya? Simak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Pengertian Akuntansi keuangan adalah suatu bidang akuntansi yang nantinya berfungsi dalam proses pencatatan, pelaporan dan bisa diketahui oleh pihak eksternal seperti pemegang saham, kreditor dan semua yang berkepentingan dengan usaha yang dilakukan.

Dalam akuntansi ada beberapa jenis transaksi yang biasa dilakukan. Semua sistem pencatatan dalam ilmu akuntansi berhubungan antara keuangan dan asset dari suatu perusahaan. Tidak hanya soal asset yang dimiliki bahkan nanti akan terjadi proses pencatatan pada kewajiban yang harus dikeluarkan perusahaan. Untuk lebih mendalami hal ini simak jenis-jenis laporan keuangan berikut:

Jenis Laporan Keuangan Dalam Kegiatan Akuntansi Keuangan

Dalam kegiatan akuntansi keuangan ada beberapa jenis laporan yang bisa dipelajari terlebih dahulu. Berikut diantara jenis-jenis pelaporan keuangan dari kegiatan akuntansi keuangan:

1. Laporan Arus kas

Laporan arus kan ini berisi mengenai semua penerimaan juga semua pengeluaran yang dilakukan suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. Dalam laporan ini juga disertai dengan manajemen kas yang telah dilakukan dalam periode tertentu yang dilakukan.

2. Laporan Laba Dan Rugi

Dalam pencatatan ini akuntansi keuangan mencatat semua informasi mengenai hasil dari seluruh kegiatan dari proses  kegiatan berupa laba atau keuntungan yang didapat serta rugi suatu perusahaan dalam masa tertentu. Dalam hal ini wajib mempelajari mengenai cara membuat laporan laba rugi karena termasuk ilmu dalam akuntansi keuangan.

Related :   Jasa Akuntansi Keuangan, Pengertian Dan Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

3. Neraca Keuangan

Untuk laporan ini merupakan laporan dalam suatu kegiatan akuntansi yang memaparkan suatu informasi mengenai semua jumlah asset yang dimiliki, equitas dan juga kewajiban atau hutang yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dan tentunya dalam suatu periode tertentu.

4. Laporan Equitas

Dalam laporan equitas adalah jenis laporan keuangan yang menjelaskan mengenai segala informasi tentang equitas atau modal yang telah didapatkan pemilik dari perusahaan maupun pihak eksternal perusahaan dalam masa tertentu. Hal ini termasuk dalam jenis pencatatan yang sangat penting dan pertama yang harus diketahui.

Jika sudah mengetahui tentang segala jenis laporan keuangan dalam proses akuntansi keuangan sekarang ketahui tentang manfaat dari akuntansi keuangan itu sendiri. Simak manfaatnya dibawah ini.

Manfaat Akuntansi Keuangan

Akuntansi Keuangan Memiliki manfaat yang sangat berarti bagi perusahaan. Diantara manfaat yang dimiliki harus diketahui oleh setiap perusahaan. Ini manfaat yang bisa diketahui:

  • Manfaat bagi pemegang saham. Untuk manfaat yang akan dirasakan bagi seorang pemegang saham adalah dengan adanya akuntansi ini bisa menjadi acuan dalam penilaian apakah perusahaan ini kinerja berjalan baik atau tidak karena bisa diketahui dari laporan yang diberikan.
  • Manfaat bagi investor. Lain halnya bagi seorang investor dari adanya laporan dalam kegiatan akuntansi ini bisa bermanfaat dan menentukan penilaian akan modal yang telah tertanam apakah aman dan masih layak ditanamkan dalam perusahaan tersebut.
  • Manfaat bagi kreditur. Nah bagi kreditur atau bank, dengan adanya akuntansi ini juga memberikan suatu manfaat. Untuk manfaat yang diperoleh pihak bank jadi tahu seberapa mampu perusahaan tersebut mampu dalam membayar semua kewajiban perusahaan yang harus dibayarkan pada setiap tanggal yang telah ditentukan.
  • Manfaat bagi supplier. Manfaat juga akan dirasakan bagi seorang supplier atau pemasok bahan baku. Untuk manfaat yang nanti akan dirasakan supplier adalah pihak supplier jadi tahu apakah perusahaan bisa membayar tagihan sesuai dengan waktu atau tempo yang sudah ditetapkan bersama.
  • Manfaat bagi pemerintah. Pemerintah juga ikut merasakan manfaatnya dengan adanya akuntansi ini. Untuk manfaat yang bisa dirasakan pemerintah jadi tahu dalam penetapan pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan tersebut dilihat dari pendapatan yang dihasilkan.
Related :   Jasa Akuntansi Freelance Terpecaya di Yogyakarta

Berikut tadi adalah pemaparan yang lumayan lengkap mengenai pengertian, jenis dan manfaat akuntansi yang bisa dirasakan oleh semua kalangan tidak hanya bagi perusahaan juga bisa dirasakan manfaatnya bagi pihak-pihak eksternal yang berhubungan satu sama lain.