Akuntansi Keuangan Adalah Laporan Keuangan. Ini Selengkapnya!

Banyak orang yang mencari di mesin pencarian dengan keyword akuntansi keuangan adalah…. Ini menandakan bahwa belum banyak orang yang paham dengan pengertian akuntansi keuangan dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Laporan akuntansi adalah suatu laporan pembukuan keuangan perusahaan mulai dari masuknya keuangan, proses hingga keluarnya keuangan suatu perusahaan.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Saat ini peranan akuntansi sangatlah penting, selain memberikan laporan keuangan suatu perusahaan dengan akuntansi keuangan menjadi penentu pengambilan keputusan yang berkaitan dengan ekonomi atau kondisi keuangan suatu perusahaan. Karena pentingnya akuntansi sehingga semakin hari semakin banyak usahawan yang mempelajari dan membutuhkan ilmu akuntansi. Lantas apa saja fungsi akuntansi keuangan untuk bisnis? Berikut ini beberapa fungsinya.

Fungsi Akuntansi Keuangan Secara Khusus Dan Umum

Setelah mengetahui pengertian akuntansi keuangan adalah laporan atau pembukuan yang berisi informasi keuangan dan ditujukan untuk berbagai pihak. Selanjutnya dalam artikel ini akan membahas tentang fungsi akuntansi keuangan secara khusus dan secara umum, yaitu:

Fungsi Akuntansi Keuangan Secara Khusus

Fungsi utama dan pertama yang paling penting dari akuntansi keuangan adalah memberikan informasi tentang keuangan dari suatu organisasi atau perusahaan. Dengan laporan tersebut setiap pihak yang membutuhkan laporan keuangan bisa melihat keadaan dari ekonomi atau keuangan suatu perusahaan dan perubahan yang terjadi didalamnya.

Informasi tentang pembukuan keuangan atau ekonomi perusahaan sangat dibutuhkan oleh pihak manajemen karena bisa membantu untuk mengambil dan mengambil keputusan. Dimana nantinya keputusan tersebut akan mempengaruhi keadaan dari perusahaan yang bersangkutan.

Fungsi Akuntansi Keuangan Secara Umum

Selain fungsi keuangan secara khusus ada fungsi akuntansi keuangan secara umum. Fungsi itu terdiri dari:

1. Mengetahui Laba / Rugi Perusahaan

Fungsi umum yang pertama adalah mengetahui laba atau rugi dari suatu perusahaan. Dengan adanya laporan keuangan yang tertata rapi mempermudah pemilik perusahaan untuk mengetahui laba atau rugi dari perusahaan. Dengan adanya laporan ini mempermudah perusahaan mengetahui keadaan ekonomi dan mengambil keputusan untuk menyelamatkan perusahaan. Tentunya informasi ini sangatlah penting bagi lembaga keuangan atau pun bagi pemilik perusahaan untuk mengetahui sumber keuangan dan pemanfaatan keuangan selama ini.

Related :   Jasa Audit Laporan Keuangan Perusahaan Yang Kredibel

2. Membantu Bagi Hasil

Selanjutnya fungsi akuntansi keuangan secara umum yang kedua adalah membantu perusahaan dalam membagi hasil atau pendapatan dari perusahaan. Dengan laporan keuangan yang tersusun rapi perusahaan bisa mengetahui berapa laba yang didapatkan dan harus dibagi kepada siapa saja.

Dengan informasi keuangan ini membantu  perusahaan dalam menetapkan hak dari masing-masing orang yang memiliki kepentingan dalam perusahaan. Karena pembagian hasil tidak selalu rata, ada beberapa pihak yang mendapatkan hasil lebih sedikit dari pihak lainnya. oleh karena itu diperlukan laporan untuk mengetahui detail dana yang dimiliki dan pembagiannya.

3. Mengawasi & Mengendalikan Aktivitas Pada Perusahaan

Fungsi yang selanjutnya dari akuntansi keuangan dalam perusahaan adalah untuk mengawasi dan mengendalikan aktivitas yang terjadi pada perusahaan. Dari laporan tersebut petinggi perusahaan bisa mengetahui dari mana saja didapatkan sumber dana dan digunakan untuk apa saja dana tersebut.

Pengawasan dilakukan dengan mengetahui perjalanan dana yang masuk dan keluar sedangkan mengendalikan aktivitas perusahaan dilakukan dengan mengecek kondisi keuangan perusahaan.sebagai contoh ketika perusahaan sedang memiliki laba tinggi maka bisa digunakan untuk berbagai aktivitas atau peningkatan kemakmuran karyawan.

4. Membantu Penentuan Target Selanjutnya

Setelah mendapatkan laporan yang lengkap dan valid maka perusahaan mengetahui berapa pendapatan bulan ini. Dengan cara ini pula perusahaan dapat menentukan berapa target yang akan dicapai pada bulan selanjutnya.

Perusahaan bisa mengevaluasi kenapa pada bulan ini bisa melebihi target atau kurang dari target. Jika pendapatan perusahaan jauh dari target maka perluasan bisa melakukan pengevaluasian masalah perubahan. Sedangkan jika target bisa melampaui batas bisa dapat di cari penyebabnya untuk di contoh bulan selanjutnya.

5. Memberikan Informasi Bagi Manajemen Perusahaan

Pada intinya pemberian laporan akuntansi keuangan perusahaan memberikan manfaat untuk memberi informasi bagi manajemen perusahaan. Tentang laba atau rugi perusahaan dan tentang proses dana untuk apa digunakan. Penting sekali setiap perusahaan memiliki laporan akuntansi keuangan yang tertata dengan baik.

Related :   Mengenal Lebih Dalam Ruang Lingkup Akuntansi Publik

Itulah beberapa pengertian akuntansi keuangan adalah sebagai buku laporan keuangan dan manfaat atau kegunaannya secara khusus dan secara umum