5 Karakteristik Akuntansi Internasional Dalam Perusahaan Multinasional

Akuntansi internasional merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan akuntansi yang digunakan untuk transaksi dari satu Negara ke Negara lainnya (antar Negara). Karena digunakan lebih dari satu Negara sehingga penggunaan prinsip-prinsip akuntansi di setiap Negara harus di harmonisasikan dengan standar akuntansi di penjuru dunia.

Terdapat beberapa karakteristik akuntansi internasional yang harus di pahami terlebih bagi perusahaan yang sering bekerjasama dengan pihak luar negeri. Akuntansi yang digunakan untuk hubungan internasional dikenal juga nama international accounting. Dalam international accounting memiliki beberapa karakteristik antara lain:

1. Berfokus Pada Perusahaan Internasional

Dalam international accounting berfokus pada issues atau masalah masalah yang berhubungan dengan perusahaan internasional. Dimana perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan yang menjalankan bisnis secara internasional atau bekerjasama dengan perusahaan lainnya namun berbeda Negara.

Sistem ini biasanya di pakai oleh perusahaan perusahaan multi nasional. Perusahaan ini tentunya berhubungan secara langsung dengan pihak-pihak lain di luar negeri. Sehingga membutuhkan sistem international accounting yang berlaku dan disepakati oleh kedua belah pihak perusahaan.

2. Mencakup Studi Akuntansi & Praktik Akuntansi Di Seluruh Negara

Alam international accounting mencakup studi tentang standar akuntansi dan juga mencakup praktik akuntansi di seluruh Negara serta membandingkan standar dan praktik akuntansi. Karena setiap Negara memiliki peraturan yang berbeda-beda dalam memakai akuntansi sehingga dibutuhkan pengawasan agar perbedaan penggunaan praktik akuntansi setiap Negara tidak melenceng dari prinsip-prinsip akuntansi secara umum.

Perlu adanya antisipasi dari berbagai pihak, untuk mengurangi resiko terjadinya praktik akuntansi yang melenceng. Karena bisa jadi sistem akuntansi yang dilakukan satu Negara tidak diterapkan di Negara lainnya atau sebaliknya.

3. Wilayah Akuntansi Internasional Sangat Luas

Perlu dipahami bahwa wilayah international accounting sangatlah luas. Mulai dari aspek akuntansi yang berkaitan dengan pelaporan keuangan, penjabaran dan transaksi valas, sistem informasi, informasi teng perpajakan, sistem untuk evaluasi kerja dan audit.

Related :   Dasar-Dasar Akuntansi Perbankan Ini Wajib Dipelajari

Akuntansi antarnegara sangatlah luas dibandingkan dengan akuntansi yang berlaku hanya dalam satu Negara. Karena perusahaan yang bergerak hanya dalam waktu Negara masih di anggap sebagai perusahaan yang mencakup wilayah kecil dan tidak memerlukan penyesuaian terhadap Negara atau wilayah lainnya. Tentunya international accouting lebih sulit dan lebih banyak penyesuaian dibandingkan dengan akuntansi yang digunakan didalam negeri atau suatu kawasan saja.

Beberapa hal yang membutuhkan penyesuaian dalam international accounting adalah penggunaan bahasa, mata uang yang disepakati, standar akuntansi dan hal-hal lainnya yang secara langsung atau pun tidak langsung mempengaruhi sistem international accounting.

4. Hilangnya Batasan Antar Negara

Pada saat ini perkembangan akuntansi internasional sangatlah pesat, hal ini didukung dengan besarnya perhatian profesi akuntan terhadap masalah ini. Secara garis besar ilmu tentang akuntansi bisa di terapkan di perusahaan dalam atau pun luar negeri.

Dalam sistem international accounting batasan-batasan antar Negara sudah hilang dan tidak berlaku dengan munculnya ekonomi global. Hal ini membuat siapa saja kesulitan mengetahui asal Negara atau suatu produk atau perusahaan yang memproduksi suatu barang. Karena setiap perusahaan internasional menjadikan suatu produk tidak 100% di proses hanya dalam satu tempat saja.

Pemakaian sistem dan hukum international accounting berlaku secara umum di Negara-negara dimana saja. Karena globalisasi membuat suatu standar akuntansi setiap wilayah berlaku secara sama. Ini berarti ada ketentuan baku bagi perusahaan yang ingin bekerjasama antara satu dengan lainnya.

5. Akuntansi Internasional Dipakai Berbagai Negara

Ketergantungan pada perdagangan kelas internasional menjadikan international accounting dipakai oleh semua pihak dan perusahaan di berbagai Negara. Dimana dalam system ini pasar modal dan pasar uang menjadi bagian sistem yang tidak bisa di pisahkan pada era saat ini.

Related :   Tips Mencari Konsultan Franchise di Jogja Untuk Kelangsungan Bisnis Anda

Para investor atau pun calon investor memakai informasi keuangan dari perusahaan sebagai pedoman dalam membuat prediksi untuk mengambil sebuah keputusan bisnis. Akankah mereka melakukan investasi dalam surat-surat berharga perusahaan (saham) atau bantuan modal secara tunai.

Itulah definisi dan karakteristik akuntansi internasional, setelah memahaminya semoga semua perusahaan lebih mudah menjalani ekonomi dan bisnis internasional lebih luas lagi. Dengan adanya international accounting dapat mempermudah pencatatan dalam skala yang besar atau kecil dan manfaat akuntansi bisa lebih dirasakan.