akuntansi forensik dan audit investigatif

Akuntansi Forensik Dan Audit Investigatif Pengertian Dan Tujuannya

Akuntansi forensik dan audit investigatif merupakan istilah yang mungkin terdengar asing, namun tidak aneh atau familiar menurut dunia akuntansi. Pengertian akuntansi forensik sendiri memiliki cakupan yang sangat luas. Secara umum akuntansi forensik menggambarkan tentang berbagai macam pekerjaan pemeriksaan dan investigasi yang dilakukan oleh seorang akuntan.

Kegiatan akuntansi forensik dan audit investigatif biasanya berhubungan dengan pekerjaan yang menyelidiki tentang hal-hal yang memiliki kaitan dengan laporan keuangan sebuah perusahaan. Biasanya akuntansi jenis ini dibutuhkan bila disinyalir terjadi suatu fraud atau tindakan penipuan pada sebuah perusahaan.

Akuntansi forensic dan audit investigatif merupakan kegiatan akuntansi yang menuntut kejelian tingkat tinggi. Hiswara Accounting Development dengan website resminya hadsystem.com merupakan kantor akuntan publik yang siap melaksanakan audit investigatif yang anda butuhkan. Didukung oleh para akuntan berpengalaman, kantor ini menjadi kantor akuntan terpercaya di Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan akuntan forensik?

Secara umum akuntan forensik berbeda dengan akuntan conventional. Dalam akuntan forensik, skill yang dipakai untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan sangat beragam. Skill tersebut meliputi keterampilan akuntansi, investigasi dan audit. Bukan hanya angka yang dihitung tetapi juga analisa akuntansi yang berbasis keadilan.

Dalam akuntansi forensik dan audit investigatif seorang akuntan harus mampu melakukan analisa, menafsirkan untuk selanjutnya menafsirkan masalah yang kompleks. Seorang akuntan forensik biasanya dipekerjakan oleh perusahaan akuntan, pemerintah, kepolisian, bank, perusahaan asuransi dan lain sebagainya.

Saat ini ada banyak kantor akuntan publik yang menyediakan jasa akuntansi forensik dan audit investigatif. Jika anda mencari akuntan forensik terbaik silahkan bekerjasama dengan Hiswara Acounting Development di hadsystem.com. Sebagai kantor akuntan terbaik, Hiswara Accounting Development memiliki banyak akuntan forensik yang berpengalaman.

Related :   Ini Dia Layanan Yang Bakal Anda Dapatkan dari Kantor Jasa Akuntansi

Tujuan dari akuntansi forensik

Kegiatan akuntansi forensik dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan laporan investigatif terhadap laporan keuangan perusahaan. Hasil laporan investigasi tersebut biasanya digunakan oleh pihak yang berwenang seperti polisi dan pengadilan. Seringkali seorang akuntan forensik hadir dalam sebuah sidang di pengadilan untuk memberikan kesaksian dan pendapatnya.

Seorang akuntan forensik bukan saja bertugas untuk menyelidiki terjadinya kecurangan tetapi juga harus melakukan kegiatan akuntansi yang bisa mendukung proses hukum. Ada banyak kasus yang melibatkan akuntansi forensik misalnya kasus pemilik perusahaan yang cerai, klaim bangkrut perusahaan untuk menghindari pesangon karyawan dan lain sebagainya.

Seorang akuntan forensik yang profesional bukan saja harus handal dalam melaksanakan tugas-tugas akuntansi forensik konvensional tetapi juga memiliki kemampuan investigatif. Tugas seorang akuntan forensik sangat berat karena yang bersangkutan harus bisa membongkar kecurangan laporan keuangan sebuah perusahaan.

Pengertian audit

Audit adalah sebuah prosedur dan test menggunakan standard yang umum. Dengan melakukan proses audit, kita menjadi tahu bahwa laporan keuangan yang disajikan adalah benar dan terbebas dari kesalahan. Komponen dari audit sendiri biasanya meliputi beberapa hal seperti pemeriksaan laporan dan pengujian bukti yang bisa mendukung laporan keuangan.

Tujuan utama dilakukan audit adalah untuk mendapatkan sebuah pendapat dari laporan keuangan sebuah perusahaan dalam periode yang sudah ditentukan. Secara spesifik tujuan dari audit adalah untuk mendeteksi adanya kesalahan atau kecurangan yang disengaja dalam membuat laporan keuangan sebuah perusahaan.

Audit Investigatif bukanlah audit biasa

Perlu diketahui bahwa audit investigatif masuk dalam bidang manajemen kontrol dan berada dalam ruang lingkup internal audit. Jika dilihat dari cara mengerjakannya dan cara pemeriksaanya, audit ini masuk dalam kategori pemeriksaan kecurangan atau fraud audit. Yang dimaksud dengan fraud audit adalah gabungan antara audit forensik dengan teknik internal audit untuk mendapatkan hasil investigasi yang menyeluruh.

Related :   Tahap Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Perusahaan Jasa Akuntansi ?

Pada dasarnya sebuah audit dilakukan untuk mencari terjadinya kesalahan pada sebuah laporan keuangan. Sedangkan akuntansi forensik adalah kegiatan akuntansi dengan maksud untuk mencari terjadinya sebuah kecurangan pada sebuah laporan keuangan. Akuntansi forensik dan audit investigatif bermaksud sama yaitu mencari kebenaran atas sebuah laporan keuangan.

Demikian ulasan tentang akuntansi forensik dan audit investigatif. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa berguna dan bermanfaat. Silahkan bagikan di so sial media agar kerabat dan teman-teman mu juga mengetahuinya. Terimakasih.