akuntansi biaya tenaga kerja

Akuntansi Biaya Tenaga Kerja dan Golongan Kegiatan Tenaga kerja

Jika ingin memiliki usaha yang maju dengan pesat, anda harus memiliki tenaga kerja terbaik karena tenaga kerja yang berkualitas memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Namun untuk mempekerjakan tenaga kerja yang berkualitas diperlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan akuntansi biaya tenaga kerja, kita bisa mengetahui jumlah biaya tenaga kerja untuk sebuah proses produksi.

Secanggih apapun sistem perusahaan, seorang pengusaha tetap membutuhkan tenaga kerja. Tanpa tenaga kerja sebuah proses produksi tidak bisa dilakukan. Dengan mempekerjakan tenaga kerja anda harus bisa mengkalkulasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tenaga kerja tersebut.

Jika anda membutuhkan jasa akuntansi biaya tenaga kerja anda bisa menghubungi Hiswara Accounting Development yang beralamat di hadsystem.com. Hiswara Accounting Development adalah sebuah kantor akuntan publik resmi yang terdaftar di lembaga terkait. Sebagai penyedia jasa akuntansi professional Hiswara Accounting Development memiliki banyak akuntan handal yang berpengalaman.

Penggolongan berdasarkan kegiatan tenaga kerja

Dalam akuntansi biaya tenaga kerja khususnya dalam bidang manufaktur terdapat 4 golongan kegiatan tenaga kerja. Mulai dari fungsi, departemen, jenis pekerjaan dll. Bagi anda yang ingin tahu lebih detail tentang penggolongan akuntansi jenis ini berikut adalah penjelasan detailnya:

1. Penggolongan menurut fungsinya

Dalam sebuah perusahaan manufaktur terdapat tiga fungsi penting yaitu fungsi administrasi, pemasaran, dan produksi. Pembagian dan penggolongan ini diperlukan untuk mengetahui jumlah biaya yang berhubungan dengan produksi dan jumlah biaya yang berhubungan dengan tenaga kerja.

2. Penggolongan menurut departemen

Pada sebuah pabrik kertas misalnya ada beberapa departemen misalnya bagian kertas, bagian pulp dan bagian finishing serta penyempurnaan kertas. Dalam hal ini biaya tenaga kerja harus dibagi untuk tiap departemen. Tenaga kerja yang bekerja di perusahaan kertas tersebut harus dibagi sesuai dengan tempat departemen ia bekerja.

Related :   Aplikasi Perpajakan di Indonesia

3. Penggolongan menurut jenis pekerjaan

Seorang tenaga kerja dalam sebuah departemen bisa digolongkan melalui sifat pekerjaan yang di kerjakannya. Dalam departemen produksi misalnya terdapat beberapa jenis golongan pekerjaan seperti supervisor, operator dan lain sebagainya. Hal yang sama juga terjadi pada biaya tenaga kerjanya misalnya upah untuk supervisor, operator dan seterusnya.

4. Penggolongan menurut hubungannya

Dalam hal ini tenaga kerja dibagi menjadi tenaga kerja yang berhubungan langsung dan tidak berhubungan langsung. Yang berhubungan langsung adalah tenaga kerja yang dalam pekerjaannya berhubungan langsung dengan produk jadi dan sebaliknya.

Penggolongan berdasarkan pembiayaan tenaga kerja

Dalam akuntansi biaya tenaga kerja, pembiayaan tenaga kerja dibagi menjadi tiga golongan besar. Hal ini penting agar manajemen biaya bisa dilakukan dengan mudah dan efektif. Berikut ini penggolongan akuntansi biaya tenaga kerja dan penjelasan detailnya.

1. Gaji dan Upah Reguler

Yang dimaksud dengan gaji dan upah reguler adalah total gaji yang dikurangi dengan berbagai jenis potongan seperti asuransi, pajak dan lain lain. Ada banyak cara untuk menghitung gaji atau upah karyawan. Misalnya gaji karyawan ditentukan dengan  mengalikan jumlah jam kerja dengan tarif upah. Ada juga perusahaan yang menentukan gaji karyawannya berdasarkan tingkat kehadiran.

2. Premi Lembur

Penentuan premi lembur biasanya berdasarkan catatan kehadiran seorang karyawan. Semua karyawan harus hadir dalam jam kerja regular yang biasanya berkisar 7 jam sehari . Namun jika seorang karyawan harus hadir di luar jam regular yang sudah ditetapkan, maka yang bersangkutan akan menerima premi lembur. Perusahaan harus menetapkan premi lebur karyawan.

3. Labour related cost atau biaya yang berhubungan dengan tenaga kerja

Kartu jam kerja digunakan untuk mengetahui waktu yang dihabiskan oleh seorang karyawan pada suatu proses produksi. Kartu jam kerja kemudian harus dicocokan dengan jam hadir lalu dikirim ke departemen akuntansi biaya. Dari sana bisa dianalisa biaya yang berhubungan dengan tenaga kerja (Labour Related Cost)

Akuntansi biaya tenaga kerja merupakan akuntansi yang sangat penting mengingat akuntansi jenis ini erat kaitannya dengan kesejahteraan tenaga kerja. Hiswara Accounting Development di hadsystem.com menawarkan berbagai macam jasa akuntansi yang anda butuhkan. Sebagai perusahaan akuntansi ternama, HADSystem dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia.

Related :   Biaya Jasa Konsultan Bisnis Terbaik Ditentukan Faktor Ini