perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan

6 Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan yang Mendasar

Dalam dunia usaha, sangat berhubungan erat dengan akuntansi. Terlebih daat dihadapkan dengan permasalahan penyajian informasi keuangan. Pentingnya informasi keuangan tersebut adalah untuk memudahkan pelaku usaha untuk mengambil keputusan bisnis. Nah, informasi mengenai prediksi laba, keuangan perusahaan, dan juga strategi perusahaan dilakukan dengan dasar-dasar ilmu akuntansi.

Akuntansi sendiri terbagi atas dua jenis yakni meliputi akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Banyak yang belum memahami perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan. Sebab, keduanya cenderung sama.

Padahal, ada beberapa perbedaan antara keduanya. Akuntansi keuangan sendiri dipakai oleh orang yang berasal dari luar organisasi. Lain halnya dengan akuntansi manajemen yang lebih sering dipakai orang yang ada di dalam organisasi maupun perusahaan.

Keduanya memiliki perbedaan berdasar pada karakteristik. tujuan, serta jenis input dan output-nya. Agar Anda tidak merasa bingung, sila simak perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan di bawah ini:

1. Pengguna Laporan

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan yang pertama didasarkan pada pengguna laporannya. Nah, untuk akuntansi keuangan, biasanya dipakai untuk menyajikan informasi keuangan untuk pihak eksternal perusahaan serta tidak dipakai untuk pengambilan keputusan dan kebijakan. Pihak-pihak tersebut meliputi kreditur, pemegang saham, dirjen pajak, serta analis keuangan.

Sedangkan pada akuntansi manajemen, informasi keuangan digunakan untuk pihak manajemen dan pihak internal dari suatu perusahaan. Informasi ini akan digunakan menjadi bahan evaluasi serta sarana pengambilan keputusan bagi perusahaan. Beberapa pihak yang menggunakan akuntansi manajemen adalah eksekutif, manajer, sales, supervisor, karyawan administrasi, dan sebagainya.

2. Fokus Informasi yang Berbeda

Pada akuntansi keuangan, fokus informasinya adalah masa lalu yang disertai dengan pemberian gambaran tanggung jawab manajemen perusahaan dari pengelolaan dana perusahaan. Beda dengan akuntansi manajemen yang cenderung berorientasi pada masa mendatang.

Related :   Mengenal 4 Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia yang Wajib Diketahui Akuntan

3. Tujuannya

Perbedaan akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan juga terletak pada tujuan keduanya. Akuntansi keuangan bisa menghasilkan laporan keuangan yang bisa menggambarkan tentang performa serta kondisi dari perusahaan di periode terkait. Tujuannya untuk membantu pihak luar dalam membuat keputusan investasi serta ekonomi sehingga bisa dilakukan evaluasi kinerja manajemen.

Untuk akuntansi keuangan sendiri bertujuan untuk menghasilkan laporan detail dan spesifik serta dapat, mengidentifikasi berbagai masalah yang muncul dan dapat mengetahui penyelesaian masalahnya.

Akuntansi manajemen akan sangat bermanfaat untuk pihak dalam perusahaan karena memuat berbagai informasi terkini seperti evaluasi kinerja, pengangguran, optimalisasi operasional, dan lain sebagainya.

4. Ruang Lingkup

Akuntansi keuangan melaporkan informasi keuangan tentang perusahaan secara keseluruhan seperti laporan laba rugi, neraca, dan sebagainya. Sedangkan untuk laporan akuntansi manajemen memberi informasi bertujuan melaporkan suatu bagian tertentu dalam suatu perusahaan, seperti pada bagian produksi, pemasaran, dan sebagainya.

5. Tipe Informasi

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan selanjutnya ada pada tipe informasinya. pada akuntansi keuangan, informasi hanyalah tentang mengukur keuangan dengan berdasar pada SAK atau Standar Akuntansi Keuangan. Untuk akuntansi manajemen sendiri berisikan informasi mengenai pengukuran keuangan dan operasional dan pengukuran fisik proses, supplier, kompetitor, serta pelanggan.

Laporan akuntansi manajemen tidak mempunyai batasan dalam prinsip akuntansi. Untuk jenis akuntansi ini berpedoman pada prinsip yang bisa memberi manfaat untuk pihak manajemen. Baik dari sisi perhitungan maupun pengukuran.

6. Sifat Informasi

Sifat informasi untuk akuntansi manajemen harus bisa membantu manajemen untuk mengambil keputusan. Mulai dari perutusan dalam hal perencanaan, pengorganisasian pengarahan, dan juga pengendalian. Sedangkan untuk akuntansi keuangan membutuhkan tingkat objektivitas yang tinggi, ketepatan, akurat, serta dapat diuji kebenarannya.

Related :   Pengertian Jasa Audit Jasa Atestasi Dan Jasa Assurance

Dari sifat informasi yang diberikannya, akuntansi manajemen tidak hanya bertumpu pada satu disiplin ilmu saja. Melainkan juga harus memuat disiplin ilmu lain seperti manajemen. Hasil laporan akhir dari akuntansi manajemen memiliki sifat yang tertutup serta tidak di-publish pada pihak eksternal.

Menggunakan Jasa Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan yang Tepat

Karena kerumitan proses akuntasi, bagi untuk akuntansi manajemen ataupun keuangan, Anda harus memercayakannya pada pihak yang profesional seperti jasa akuntasi. Nah, salah satu jasa akuntansi yang terbaik di Indonesia adalah HAD System. Hiswara Accounting Development akan membantu perusahaan membukukan dan mengoperasionalkan secara terstruktur keuangannya.

Dengan begitu, pengusaha bisa lebih fokus pada proses menjalankan bisnis saja tanpa harus dipusingkan dengan proses akuntansinya. Segera hubungi HAD System untuk menggunakan jasa akuntansinya.